Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kalimantan Utara disorot WHO Sebagai Transmisi Covid-19 Tertinggi

JAKARTA, HOLOPIS.COM – WHO mengungkapkam Kalimantan Utara sebagai satu-satunya provinsi di Indonesia dengan level transmisi komunitas virus corona (covid-19) CT2. Sementara 33 provinsi lainnya berada pada level rendah atau CT1.

“Selama 18-24 Oktober, Kalimantan Utara adalah satu-satunya provinsi dengan transmisi komunitas tingkat sedang (CT2), dengan insiden 24,1 per 100.000 penduduk,” tulis laporan WHO dalam situs resmi dikutip, Sabtu (30/10).

WHO menjelaskan, berdasarkan pedoman sementara mereka, temuan ini mengindikasikan ada risiko sedang infeksi covid-19 untuk populasi umum di Kaltara, serta insiden moderat dari kasus yang didapat secara lokal dan tersebar luas yang terdeteksi dalam periode dua pekan sebelumnya.

“Sisanya 33 provinsi berada di level transmisi komunitas 1 (CT1) selama periode pelaporan ini,” lanjut WHO.

Kaltara juga memperoleh catatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai provinsi dengan jumlah positivity rate alias rasio kasus warga terpapar virus corona mingguan yang cukup tinggi di Indonesia dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan data milik Kemenkes per 27 Oktober 2021, terlihat positivity rate di Kaltara mencapai 1,74 persen dengan 6.950 warga yang diperiksa dalam sepekan.

Jumlah itu merupakan urutan kedua tertinggi setelah Kalimantan Barat dengan positivity rate mencapai 1,95 persen dalam sepekan terakhir.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru