Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Selamat Hari Populasi Sedunia : Ini Makna dan Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Populasi Dunia atau World Population Day diperingati pada 11 Juli di setiap tahunnya. Hari Populasi Sedunia itu adalah sebuah perayaan yang dilakukan untuk memastikan akses global terhadap pendidikan, perawatan kesehatan, perumahan, makanan, energi dan lain sebagainya.

Sejarah peringatan Hari Populasi Sedunia ini ditetapkan pada  (11/7), pada 1989 PBB melalui Dewan Pemerintah Program Pembangunannya mendirikan Hari Populasi Sedunia.

Hari Populasi Sedunia didirikan dalam rangka memperingati jumlah populasi dunia kala itu (11 Juli 1987) yang mencapai 5 miliar. Dalam sejarah, Hari Populasi Sedunia pertama kali diperingati pada 11 Juli 1990, terdapat lebih dari 90 negara di dalamnya.

Kemudian, berdasarkan Resolusi 45/216 Desember 1990, PBB memutuskan untuk memperingati Hari Populasi Sedunia secara rutin setiap tahunnya.

Ada pun tujuannya yakni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global mengenai akibat dari padatnya populasi, di mana dengan padatnya populasi di dunia maka penyebab-penyebab seperti kemiskinan, pengangguran kriminalitas dan lain sebagainya akan meningkat.

Dengan begitu, Hari Populasi Sedunia diperingat di setiap tahunnya demi menyadarkan publik

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.

Hari Demokrasi Internasional : Makna dan Sejarahnya

Hari Demokrasi Internasional yang biasa disebut International Day of Democracy memiliki makna tersendiri dalam peringatan setiap tahunnya.

Hari Kunjung Perpustakaan, Momentum Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Masyarakat

Setiap tanggal 14 September, Indonesia memperingati Hari Kunjung Perpustakaan, sebuah momentum penting untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya perpustakaan dalam membangun kecerdasan dan literasi bangsa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru