BerandaNewsEkobizKemenkeu : Defisit APBN Mei 2024 Capai Rp 21,8 Triliun

Kemenkeu : Defisit APBN Mei 2024 Capai Rp 21,8 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan Anggran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) periode Mei 2024 mengalami defisit sebesar Rp 21,8 triliun atau sekitar 0,1 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB).

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa hingga akhir Mei 2024, keseimbangan primer masih terjaga positif, dimana tercatat adanya surplus sebesar Rp 184,2 triliun.

“Total anggaran kita bukukan defisit Rp 21,8 triliun, atau ini 0,1 persen dari PDB,” ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KITA, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (27/6).

Bendahara negara itu menjelaskan, bahwa hingga Mei 2024 pemerintah lebih banyak membelanjakan uang ketimbang menerima pemasukan, baik itu dari pajak, Bea Cukai, PNBP maupun hibah.

Penerbit Iklan Google Adsense

Tercatat, belanja pemerintah mencapai Rp 1.145,3 triliun atau mencapai 34,4 persen dari pagu anggaran. Sementara pendapatan negara hanya sebesar Rp 1.123,5 triliun atau mencapai 40,1 persen dari pagu.

Meskipun secara target pendapatan negara dinilai sudah cukup baik, namun mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengakui, terdapat penurunan penerimaan di bulan Mei 2024.

“Meski dari segi presentase target sudah cukup baik, namun bila dilihat dari tahun lalu bulan Mei ada penurunan (penerimaan negara) 7,1 persen yoy (secara tahunan),” terang Sri Mulyani.

Adapun penurunan itu satunya terjadi karena reli panjang kenaikan harga komoditas sumber daya alam yang selama beberapa kuartal mendongrak penerimaan negara telah berakhir.

“Ini tentu sesuatu yang perlu untuk terus kita monitor dan waspadai,” katanya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS