HOLOPIS.COM, JAKARTA – Austria secara mengejutkan duduk di puncak klasemen Euro 2024 Grup D mengungguli Prancis dan Belanda di bawahnya.

Sebelum itu, perlu diketahui bersama bahwa seluruh pertandingan Grup D pun telah selesai terselenggara, ada Prancis vs Polanda dan Belanda vs Austria.

Prancis vs Polandia sendiri digelar di Signal Iduna Park, Dortmund. Les Bleus harus mendapatkan perlawanan sengit di babak pertama dari lawannya itu.

Baru lah kedua tim sukses menciptakan gol di babak kedua. Menariknya, kedua gol dari Prancis dan Polandia itu sendiri hadir melalui eksekusi penalti.

Prancis lebih dulu mendapatkan hadiah penalti di menit 56 melalui Kylian Mbappe. Keunggulan Les Bleus itu cukup lama bahkan menyentuh 10 menit akhir laga.

Sampai pada akhirnya Polandia mampu menyamakan kedudukan skor yang juga melalui titik putih di menit 79. Robert Lewandowski tak menyia-nyiakan kesempatan itu dan sukses menjebol gawang kiper Mike Maignan.

Sementara pada pertandingan lain ada laga antara Belanda vs Austria di Olympiastadion, Berlin.

Pertandingan seru pun sudah terjadi sejak awal laga. Bahkan Belanda harus rela gawangnya kebobolan lebih dulu di menit enam akibat gol bunuh diri Donyyel Malen.

Di babak kedua, saling kejar mengejar gol pun terjadi. Belanda mampu menyamakan kedudukan skor di menit 47 melalui Cody Gakpo.

Kemudian dibalas oleh Austria dengan gol Schmid di menit 59. Prancis lalu kembali menyamakan kedudukan skor di menit 75 melalui Memphis Depay.

Sampai pada akhirnya Marcel Sabitzer mampu menciptakan gol kemenangan di menit 80.

Dengan demikian, hasil kemenangan itu mendongkrak posisi Austria ke posisi pertama klasemen akhir Grup D dengan total enam poin dalam dua kemenangan dan sekali kekalahan.

Diikuti Prancis di posisi kedua dengan lima poin dalam sekali kemenangan dan dua hasil imbang. Sementara Belanda di posisi tiga dengan empat poin, dan Polandia di peringkat terbawah.

Austria dan Prancis pun secara resmi lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Sedangkan Belanda masih berkesempatan besar ke fase tersebut lewat jalur playoff.

Klasemen Euro 2024 Grup D

  1. Austria : 6 Poin, 6:4 Gol, 2 Selisih Gol
  2. Prancis : 5 Poin, 2:1 Gol, 1 Selisih Gol
  3. Belanda : 4 Poin, 4:4 Gol, 0 Selisih Gol
  4. Polandia : 1 Poin, 3:6 Gol, -3 Selisih Gol