BerandaHistoryIni Tema Hari Anti Narkotika Internasional 2024

Ini Tema Hari Anti Narkotika Internasional 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), diperingati setiap tanggal 26 Juni sebagai bentuk keprihatinan dunia pada penyalahgunaan dan perdagangan gelap narkotika di seluruh dunia.

Peringatan HANI dikatikan, dengan keputusan yang diambil oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 7 Desember 1987 melalui Resolusi 42/211.

Tema HANI 2024, yakni “Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar”.

Tema tersebut diusung, dengan harapan agar semua lapisan masyarakat bisa bergerak menunjukkan aksi nyata sebagai upaya untuk mencegah dan memberantas narkoba untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dari narkoba.

Penerbit Iklan Google Adsense

Peringatan HANI diharapkan dapat menggerakkan dan mendorong semua lapisan masyarakat sekaligus membangun solidaritas dalam rangka mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang masih menjadi ancaman kehidupan manusia secara global.

Selain itum peringatan HANI juga menjadi momentum kampanye secara masif Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di seluruh pelosok tanah air yang bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan kepedulian seluruh masyarakat dalam rangka mewujudkan Masyarakat Indonesia Sehat Tanpa Narkoba.

Pemberantasan Narkoba Tahun 1839

Dalam sejarahnya, pengungkapan perdagangan opium terjadi pada 26 Juni 1839 di Humen, Guangdong, China. Opium sendiri merupakan obat narkotika yang sangat adiktif yang diperoleh dari lateks kering dari polong biji opium poppy ( Papaver somniferum ).

Pengungkapan tersebut dilakukan oleh seorang Lin Zexum seorang pejabat pada masa Dinasti Qing yang dikenal tegas dalam perdagangan opium oleh bangsa asing.

Setelah berhasil mengungkap perdagangan itu, ia pun langsung membuang opium yang berhasil diamankan dengan cara dibuang ke laut.

Aksi pemberantasan opium oleh Lin Xezu ini disusul dengan kebijakan larangan perdagangan opium oleh kekaisaran China.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sejarah Hari Keadilan Internasional, Pentingnya Penegakan Hukum yang Jamin HAM

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Setiap tahun pada tanggal 17 Juli, dunia memperingati Hari Keadilan Internasional atau World Day for International Justice. Hari ini merupakan pengingat...

Sejarah Hari Revolusi Prancis : Peristiwa Penting dalam Perjalanan Demokrasi Modern

Setiap tanggal 14 Juli, Prancis merayakan Hari Revolusi Prancis, suatu peristiwa bersejarah yang menandai titik balik dalam sejarah bangsa tersebut dan mempengaruhi perkembangan politik dan sosial di seluruh dunia.

Selamat Hari Populasi Sedunia : Ini Makna dan Sejarahnya

Hari Populasi Dunia atau World Population Day diperingati pada 11 Juli di setiap tahunnya.

Hari Pustakawan Nasional 7 Juli, Simak Serajarahnya

Hari Pustakawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 7 Juli memiliki sejarah yang panjang dan penting bagi perkembangan literasi di Indonesia.

Sejarah Penetapan 1 Muharram sebagai Awal Tahun Baru Islam

1 Muharram merupakan hari pertama dalam kalender Hijriah, atau sebagai pertanda tahun baru Islam. Momen pergantian tahun ini merupakan momen yang sangat dinantikan - nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Hari Bulutangkis Sedunia, Gembira dalam Olahraga

Setiap tahun pada tanggal 5 Juli, komunitas bulutangkis di seluruh dunia bersatu untuk merayakan Hari Bulutangkis Sedunia.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS