Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Polisi : Didoktrin Bos, Karyawan Pinjol Ilegal Tak Bersosialisasi

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Bareskrim Polri mengungkapkan para karyawan pinjaman online (pinjol) ilegal kerap didoktrin oleh bos mereka untuk tak bersosialisasi. Temuan ini berdasarkan fakta dari para tersangka yang diringkus yang tidak banyak dikenal oleh orang di lingkungan tempat tinggalnya.

“Orang di situ enggak ada yang tahu. Ya mungkin doktrinnya begitu,” kata Kepala Subdirektorat IV Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri Kombes Andri, Jumat (22/10).

Penyidik menemukan bahwa kamar apartemen yang digunakan sebagai tempat operasional pinjol ilegal tersebut terlihat sangat berantakan. Menurutnya, peruashaan pinjol ilegal sengaja merekrut sejumlah agen apartemen untuk bergabung dengan bisnis untuk memudahkan pencarian unit kamar apartemen untuk beroperasi.

“HH itu juga kerjanya agen properti. Tapi dia tidak menggunakan apartemen, di rumahnya,” tambah dia.

Sebagai informasi, apartemen menjadi lokasi yang banyak digerebek oleh penyidik Bareskrim di sekitaran Jakarta berkaitan dengan kasus pinjaman online ilegal dalam beberapa waktu terakhir.

Para tersangka mendapatkan unit apartemen itu secara cuma-cuma karena sudah disediakan oleh bos perusahaan pinjol ilegal tersebut.

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan sejauh ini pihaknya telah membongkar 13 kasus pinjol ilegal dan menjerat 57 orang sebagai tersangka.

“Kita sudah mengungkap 13 kasus dengan 57 tersangka yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” kata dia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...

Pilot Susi Air Bebas dari Jerat Teroris Papua

Satgas Cartenz akhirnya berhasil membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya.

Bos Pajak Bantah Ada Kebocoran Data NPWP dari Sistem DJP

Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Suryo Utomo membantah adanya indikasi kebocoran dara langsung dari sistem di Direktorat Jenderal Pajak atau DJP, utamanya perihal dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru