Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Mahkamah Konstitusi Putuskan Hasil Sengketa Pilpres Pagi Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi dijadwalkan untuk membaca putusan sengketa Pilpres yang diajukan oleh pasangan Anies – Muhaimin dan Ganjar – Mahfud.

Pembacaan putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 itu akan dibacakan pada Senin (22/4) yang dimulai pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan jadwal sidang MK, perkara nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 yang diajukan paslon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dan perkara nomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024 yang diajukan paslon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan dibacakan hakim konstitusi secara bersamaan besok di Gedung MKRI 1 lantai 2.

Sementara itu, Juru Bicara MK Fajar Laksono mengatakan para hakim MK telah menggelar rapat permusyawaratan hakim secara maraton. Ia menjamin informasi dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) yang mengadili gugatan ini tak akan bocor.

“Kalau bicara RPH itu sejak sidang pembuktian selesai, RPH terus dilaksanakan, tapi memang karena ini berhimpitan antara PHPU (Perkara Perselisihan Hasil Pemilu) Pilpres dengan PHPU Pileg, nah tempo hari juga ada pembahasan mengenai permohonan perkara PHPU Pileg. Jadi ada bergantian begitulah,” katanya kepada wartawan, Minggu (21/4).

Untuk pengamanan pada saat putusan, Polri menyiapkan sebanyak 7.783 personel untuk mengamankan jalannya sidang dari berbagai gangguan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan para personel akan disiagakan di beberapa sektor. Seperti di MK, sekitar Bawaslu dan kawasan Monas.

Selain itu, rekayasa lalu lintas bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan nantinya. Ade Ary menjelaskan, jika eskalasi meningkat dan diperlukan, selanjutnya akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas.

“Maka kami imbau untuk masyarakat yang akan melintas di depan gedung MK untuk mencari jalan alternatif lainnya karena akan ada aksi penyampaian pendapat di depan gedung MK,” kata Ade Ary.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru