Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

10 Manfaat Belimbing untuk Kesehatan Tubuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah Belimbing merupakan buah yang kaya dengan vitamin C dan terdapat kandungan air yang cukup tinggi.

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah Belimbing, maka memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dikutip Holopis.com dari Halodoc, Belimbing menjadi salah satu buah yang kaya akan serat dan vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung air yang cukup tinggi.

Selain itu, Belimbing juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, mulai dari vitamin C, B5, folat, tembaga, magnesium, dan potasium. Belimbing juga mengandung banyak antioksidan yang membuat buah ini semakin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini 10 manfaat buah Belimbing :

1. Mengontrol gula darah

Bagi seseorang yang mengidap diabetes, belimbing adalah salah satu buah yang direkomendasikan. Sebab, kandungan serat yang tidak larutnya bisa menghambat penyerapan glukosa. Alhasil, lonjakan gula darah bisa terantisipasi dan kadarnya terkontrol.

2. Melancarkan pencernaan

Kandungan seratnya yang lumayan tinggi membantu pergerakan usus sehingga feses lebih mudah keluar. Selain memperlancar saluran pencernaan, buah ini juga bisa mengatasi berbagai masalah lainnya, seperti kembung, dan diare.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Belimbing mengandung natrium dan kalium pada buah yang berfungsi sebagai elektrolit dalam tubuh. Kandungan elektrolit tersebut mampu menstabilkan tekanan darah sehingga detak jantung tetap teratur.

Antioksidan di dalamnya juga ampuh menangkal efek radikal bebas pemicu penyakit jantung dan pembuluh darah.

4. Mencegah penyakit kanker

Kandungan beta karoten dalam buah ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama kanker lambung dan kanker usus besar. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut.

5. Menurunkan berat badan

Buah ini cenderung rendah kalori dan banyak serat sehingga membuatmu merasa kenyang lebih lama dan tidak makan berlebihan. Alhasil, kamu bisa lebih efektif menurunkan berat badan.

Nutrisi di dalamnya juga membantu proses metabolisme tubuh sehingga penurunan berat badan lebih optimal.

6. Meningkatkan proses pemulihan luka

Buah ini mengandung vitamin C yang sangat baik untuk proses pemulihan luka. Vitamin C membantu produksi kolagen pada kulit sehingga proses penyembuhan luka akan menjadi lebih cepat.

7. Menurunkan peradangan pada tubuh

Melansir dari International Journal of Biological Macromolecules, buah ini mengandung antioksidan yang bersifat antiinflamasi. Sifat ini berguna dalam intervensi terapeutik untuk pengelolaan nyeri.

Kandungan antioksidan dalam buah ini melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Dengan begitu, risiko peradangan akibat stres oksidatif akan menurun sehingga kesehatan lebih optimal.

8. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C pada buah ini juga bisa membuat kesehatan kulit menjadi semakin optimal. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit menjadi lebih sehat.

Produksi kolagen yang baik juga bisa mencegah munculnya tanda penuaan dini pada kulit.

9. Meningkatkan kesehatan rambut

Belimbing mengandung vitamin B dan C yang baik untuk kesehatan rambut. Terpenuhinya kebutuhan nutrisi ini, membuat kamu terhindar dari kerontokan rambut dan memiliki rambut yang lebih kuat.

10. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah ini mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh. Hal ini membuat imunitas tubuh menjadi lebih optimal, sehingga kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru