HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lebaran sebentar lagi. Kita akan segera memasuki hari yang fitri setelah satu bulan lamanya menjalankan ibadah puasa. Apalagi menurut rencananya, lebaran 2024 akan dilakukan berbarengan antara pemerintah dengan Muhammadiyah, yakni pada hari Rabu, 10 April 2024.

Namun ada yang tak boleh dilewatkan begitu saja dalam menyambut 1 Syawal 1445 H, yakni kue lebaran. Apalagi, lebaran identik dengan momen kumpul keluarga dan menyantap hidangan khas, termasuk jajanan dan cemilan.

Nah, berikut adalah 10 rekomendasi jajanan dan cemilan lebaran khas Indonesia yang wajib dicoba untuk dihidangkan di rumah sembari menunggu halal bihalal keliling.

1. Nastar

nastar
Kue Nastar.

Kue kering klasik ini khas dari masyarakat Jawa. Cemilan ini terbuat dari adonan tepung terigu dan mentega yang diisi dengan selai nanas. Nastar identik dengan bentuk bulat dengan hiasan olesan kuning telur di atasnya.

Bahkan nastar menjadi salah satu kue termahal di dalam deretan kue lebaran yang paling diburu oleh masyarakat. Hal ini karena untuk satu pack kue nastar isi sekitar 25 pcs, biasanya dibandrol dengan harga Rp60 – Rp100 ribuan.

2. Kastengel

Kastengel
Kue Kastengel.

Kastangel adalah salah satu kue khas Jawa. Kue kering gurih ini terbuat dari adonan tepung terigu, keju, dan mentega. Kastengel memiliki tekstur renyah dan rasa gurih yang khas.

Kue ini juga menjadi salah satu kudapan yang cukup mahal ya Guys. Sebab, untuk satu pack isi 30-50 pcs, biasanya dibandrol dengan harga Rp50 – Rp70 ribuan.

3. Putri Salju

kue putri salju
Kua putri salju.

Kue kering asal Jawa ini terbuat dari adonan tepung terigu, kacang tanah, dan gula halus. Putri Salju memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang pas. Selain rasanya yang manis gurih, kudapan yang satu ini juga menjadi salah satu incaran tamu lebaran saat berkunjung ke rumah.

4. Kue Sagu

Kue Sagu
Kue Sagu.

Kue sagu merupakan salah satu jenis kue kering yang juga menjadi incaran setiap momentum lebaran. Kue ini terbuat dari tepung sagu, gula, dan mentega. Kue Sagu memiliki tekstur yang renyah dan rasa manis yang ringan.

5. Kue Semprit

Kue Semprit
Kue Semprit

Makanan khas Jawa ini merupakan jenis kue kering yang sering dihidangkan sebagai jajanan lebaran. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur. Kue Semprit memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis.

6. Lidah Kucing

Lidah Kucing
Kue Lidah Kucing.

Walaupun terkenal di Indonesia, kue kering ini sebenarnya berasal dari Belanda guys. Kue kering ini terbuat dari adonan tepung terigu, putih telur, dan gula. Lidah Kucing memiliki tekstur yang tipis dan renyah dengan rasa manis yang ringan.

7. Kue Kacang

Kue Kacang
Kue Kacang.

Salah satu kue khas Jawa adalah kue kacang. Kue kering ini terbuat dari adonan tepung terigu, kacang tanah, dan gula. Kue Kacang memiliki tekstur yang renyah dan rasa gurih yang khas.

8. Kue Bawang

Kue Bawang
Kue atau keripik Bawang.

Kue kering ini terbuat dari adonan tepung terigu, bawang goreng, dan bumbu rempah. Kue Bawang memiliki tekstur yang renyah dan rasa gurih yang khas.

9. Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit
Tampilan Kue Lapis Legit.

Kue khas masyarakat Jawa ini memiliki tekstur basah. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, santan, gula, dan telur. Kue Lapis Legit memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang legit.

10. Kue Klepon

Kue Klepon
Kue Klepon isi gula merah lumer.

Klepon adalah salah satu jenis kue khas Jawa yang juga sering didapati di momentum lebaran. Salah satu jenis jajanan pasar yang memiliki konstruksi basah ini terbuat dari adonan tepung ketan, kelapa parut, dan gula merah cair. Kue Klepon memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis yang khas.

Itulah 10 jenis kue dan jajanan lebaran yang bisa kamu siapkan untuk menyambut Hari Kemenangan Idulfitri 1445 H. Hidangkan dengan tampilan secantik mungkin agar memberikan kebahagiaan dan kenyamanan bagi para tamumu nanti.

Semoga bermanfaat.