Sabtu, 14 September 2024
Sabtu, 14 September 2024

5 Khasiat Kuning Telur untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kesehatan Otak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Siapa sih yang tidak suka telur, selain mudah dimasak, kuning telur biasanya selalu cocok disandingkan dengan menu apapun. Seperti menemani mie instan, nasi goreng, dan lain- lain.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kuning telur adalah bagian dari telur yang paling kaya nutrisi. Namun sering kali diperdebatkan karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Tapi sumber manfaat kuning telur sangat sayang jika dilewatkan loh, Sobat Holopis. Apa saja sih manfaat kesehatannya?

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Kuning telur kaya akan protein berkualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Protein ini juga penting dalam pembentukan otot dan menjaga kepadatan tulang.

2. Kaya Akan Nutrisi

Kuning telur mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, D, E, B12, riboflavin, dan asam folat. Vitamin-vitamin ini esensial untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.

3. Sumber Lutein dan Zeaxanthin

Kuning telur adalah salah satu sumber alami lutein dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata. Kedua zat ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kuning telur mengandung kolin, nutrisi yang penting untuk perkembangan otak dan fungsi kognitif yang optimal. Kolin juga berperan dalam pembentukan membran sel dan neurotransmiter yang penting bagi fungsi otak yang sehat.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Meskipun kuning telur mengandung kolesterol, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kuning telur secara moderat tidak meningkatkan risiko penyakit jantung pada sebagian besar orang. Bahkan, kuning telur mengandung lemak sehat dan antioksidan seperti vitamin E yang dapat mendukung kesehatan jantung.

Sobat Holopis sudah masak telur belum hari ini?

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

5 Tips Menonton Konser Artis Internasional Agar Aman Sentosa

Menonton konser artis internasional adalah pengalaman yang luar biasa, dan banyak ditunggu oleh penggemar-penggemar musik di Indonesia.

Cek Pembangunan IKN, DPR : IKN adalah Ikon Bangsa Indonesia

HOLOPIS.COM, NUSANTARA – Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik...

Tips Bulu Mata Lentik Alami Tanpa Penjepit

Bulu mata lentik alami tidak hanya membuat mata terlihat lebih menarik, tetapi juga dapat memberikan kesan segar dan cerah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru