Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

RESEP : Sambal Goreng Putel, Enak Banget Pakai Nasi Hangat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ada lagi nih resep kuliner untuk sobat Holopis sekalian, yaitu Sambal Goreng Putel (putih telur), yang tentunya lezat, nikmat dan menggelegar di mulut.

Sesuai namanya, putel merupakan putih telur yang dipadupadankan dengan udang hingga pete, dan dibalut dengan bumbu pedas dari cabe rawit dan kawan-kawannya.

Penasaran seperti apa resepnya? Berikut ini bahan dan cara membuat Sambal Goreng Putel, seperti dikutip Holopis.com dari unggahan Instagram @mrs.wijaya.

Bahan :

– 1 kg putih telur yang sudah dikukus, potong-potong dadu
– 200 gr udang kupas
– 200 gr pete kupas
– 25 cabe rawit utuh
– 6 cm lengkuas geprek
– 3 lbr daun salam
– 5 lbr daun jeruk
– 400 ml santan sedang
– 4 sdm kecap manis
– Garam, gula pasir, penyedap jamur, secukupnya
– Minyak untuk menumis secukupnya

Bumbu Halus :

– 150 gr cabe merah besar
– 25 cabe rawit/sesuai selera
– 15 siung bawang merah
– 9 siung bawang putih
– 7 butir kemiri sangrai
– 1/2 sdt merica

Cara Membuat :

– Tumis bumbu halusnya terlebih dahulu sampai benar-benar matang sempurna, kemudian masukkan lengkuasnya, serta daun salam dan daun jeruk hingga harum, lalu jangan lupa udangnya juga, dan tunggu sampai udangnya berubah warna, kemudian tuangkan putih telur lalu tuangkan santan secukupnya

– Kasih kecap manis, penyedap jamur, gula dan garam, kemudian diaduk rata, masak sampai bumbunya meresap dan kuahnya agak menyusut

– Masukkan pete dan cabe utuhnya, lalu diaduk rata dan masak kembali sampai keduanya layu, jangan koreksi rasanya, angkat kemudian sajikan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Semur Daging Cincang, Solusi Tepat untuk Makan Siang

Resep kuliner kali ini ada Semur Daging Cincang, yang tentunya lezat dan nikmat. Cocok sekali untuk sobat Holopis yang bingung mau masak apa untuk makan siang nanti.

RESEP : Ayam Balado Sambal Merah, Bikin Tambah Nasi Terus

Ayam balado sambal merah adalah salah satu masakan ikonik Indonesia yang terkenal dengan cita rasa pedas dan menggugah selera.

RESEP : Pastel Ayam Suwir Pedas, Jangan Makan Sendirian!

Resep kuliner kali ini ada Pastel Ayam Suwir Pedas, yang tentunya lezat dan nikmat. Namun dapat diimbau kepada Sobat Holopis sekalian untuk tidak memakannya sendiri ya, karena bikin ketagihan!
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru