Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Awas Banyak yang Palsu, Begini Cara Mudah Cek Keaslian Tinta Printer

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Praktik pemalsuan tinta printer nampaknya masih marak terjadi saat ini. Praktik ini tentu cukup mengkhawatirkan, karena penggunaan tinta palsu akan menurunkan kualitas hasil cetakan printer.

Selain itu, penggunaan tinta palsu dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat printer. Sehingga bisa berakibar pada garansi produk yang hangus. Untuk itu, penting bagi konsumen untuk mengecek keaslian tinta printer yang akan dibelinya.

Lantas bagaimana caranya?

Epson dan HP sebagai pridusen yang cukup andal di bidang peralatan printer, menyajikan kemudahan bagi para konsumennya untuk melakukan pengecekan keaslian dari produk-produk mereka.

HP

Sebagaimana dikutip Holopis dari laman resmi HP, terdapat fitur pengecekan keaslian produk pada kartrid tinta asli, yakni label holografik dan kode QR di kotak kartrid.

Untuk mengecek lewat label holografik, miringkan ke kanan dan kiri untuk melihat tiga ikon utama. Jika produk tersebut asli, konsumen akan melihat logo HP, kemudian ikon centang biru, dan kode ‘OK’.

Selain label holografik, cara lain untuk mengecek keaslian produk adalah dengan memindai kode QR yang juga tersemat pada label holografik.

Selain itu, patut diingat bahwa toner dan kartrid tinta memiliki label yang berbeda, dimana label toner HP dibuat dengan bentuk kotak atau persegi empat sempurna. Sedangkan label untuk kartrid tinta HP dibuat dengan bentuk persegi empat.

Epson

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman resmi Epson, produsen kawakan mesin percetakan ini menyediakan aplikasi yang tersedia di smartphone Android maupun iOS untuk mengecek keaslian tinta printer yang diproduksinya.

Caranya, pertama-tama kerik semua area QR code yang ada pada catridge maupun toner hingga nomor acak dan QR code terbuka sepenuhnya. Kemudian memasukkan nomor acak, dan pindai QR code yang telah terbuka tersebut.

Jika produk Anda asli, akan muncul notifikasi dengan centang hijau yang menunjukkan bahwa tinta printer Anda asli. Jika notifikasi menampilkan warna kuning, artinya produk tersebut sudah pernah dipindai atau dicek sebelumnya.

Lalu jika notifikasi menampilkan warna merah dan tertulis ‘Consumable Palsu, produk tampaknya palsu atau telah dirusak’, maka jelas artinya tinta printer yang Anda beli adalah barang palsu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...

Teguh Sebut Data Ditjen Pajak yang Dijual Bjorka ada Nama Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Konsultan keamanan siber sekaligus pendiri Ethical...

KAI Catat Peningkatan Volume Kendaraan Parkir di Lima Stasiun

PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) melalui KAI Service mencatat adanya peningkatan kendaraan di area parkir stasiun. Setidaknya selama bulan Agustus 2024, peningkatan terjadi di sebanyak lima stasiun yakni Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung Selatan, Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Bandung Utara.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru