Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizPertumbuhan Ekonomi RI 2023 Masih Jawa Sentris, BPS Kasih Buktinya

Pertumbuhan Ekonomi RI 2023 Masih Jawa Sentris, BPS Kasih Buktinya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada periode tahun 2023 masih terpusat di pulau Jawa alias Jawa Sentris.

Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, bahwa struktur ekomomi secara spasial masih berasal dari Pulau Jawa, dengan kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 57,05 persen.

“Kontribusi Pulau Jawa terhadap PDB saat ini tahun 2023 sebesar 57, 05 persen,” kata Amalia dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Senin (5/2).

Dengan kontribusi tersebut, pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa secara tahunan atau year on year (yoy) tercatat sebesar 4,96 persen. Namun sayangnya, pertumbuhan cenderung melambat bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar 5,31 persen.

Setelah Jawa, posisi kedua pulau dengan kontribusi terbesar yakni Pulau Sumatera yang menyumbang angka pertumbuhan terhadap PDB-nya sebesar 22,01 persen, dengan angka pertumbuhan di angka 4,69 persen yoy.

Selanjutnya, Pulau Kalimantan memberi kontribusi sebesar 8,49% terhadap pertumbuhan ekonomi 2023. Dengan kontribusi tersebut, Pulau Kalimantan tumbuh 5,43 persen yoy.

“Pulau Kalimantan menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang menguat padsa tahun 2023 yang salah satunya ditopang oleh pembangunan Ibu Kota Nusantara,” jelasnya.

Adapun pertumbuhan ekonomi tertinggi berada di Provinsi Maluku Utara, dengan pertumbuhan di angka 20,49 persen yoy, kemudian disusul Provinsi Sulawesi Tengah yang sebesar 11,91 persen.

“Pertumbuhan dobel digit dua provinsi ini terutama yang sudah saya sebutkan Provinsi Maluku Utara sebesar 20,49 dan Sulawesi Tengah yang 11,91 persen itu terutama didorong oleh kebutuhan yang impresif dari lapangan usaha industri pengolahan, serta penambangan dan penggalian,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).