Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Survei Risetindo Barometer : Prabowo-Gibran Ungguli Ganjar-Mahfud, Pilpres 2024 Bakal 2 Putaran

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Eksekutif Risetindo Barometer, Asep Saepudin menyampaikan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan Capres dan Cawapres 2024 berada di posisi teratas dari Capres-Cawapres yang masuk dalam bursa konvensi Partai Buruh.

“Hasil survei internal partai buruh menunjukkan pasangan calon Presiden – Wakil Presiden paling tinggi memperoleh elektabilitas sebesar 46%,” kata Asep dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (4/1).

Dalam surveinya, hanya ada Prabowo dan Ganjar yang masuk dalam radar Partai Buruh. Yang mana Prabowo – Gibran mendapat 46,3%. Sementara paslon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapat 28,3%. Sementara yang tidak menjawab sebesar 25,4%.

“Jika 25,4% itu disebar proporsional terhadap 2 capres tersebut maka Calon B sebesar 62,1%. Calon A sebesar 37,9%,” ujarnya.

Survei Risetindo Barometer
Tabel elektabilitas Prabowo Gibran vs Ganjar Mahfud dari survei Risetindo Barometer.

Dengan porsi data survei tersebut, Asep mensinyalir bahwa Pilpres 2024 akan berlangsung 2 putaran. Sehingga dengan demikian, ia menyebut bahwa Partai Buruh tidak akan memberikan dukungan politik ke Capres-Cawapres yang saat ini berjalan sampai nanti ada putaran kedua.

“Artinya bisa dipastikan pemilihan presiden berpeluang terjadi 2 putaran, karena semua pasangan calon presiden – wakil presiden belum ada yang melebihi elektabilitas 50%,” terang Asep.

“Dengan demikian, partai buruh belum memutuskan dukungan terhadap pasangan calon Presiden – Wakil Presiden manapun di putaran pertama. Besar kemungkinan Partai Buruh akan memutuskan dukungan Calon Presiden dan Wakil Presiden di Putaran kedua,” lanjut dia.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa survei Risetindo Barometer ini hanya menjaring responden dari kalangan buruh saja. Sample yang diambil sebanyak 2.400 responden yang tersebar di 38 Provinsi di Indonesia.

Survei tersebut menggunakan metodologi multistage random sampling dan menghasilkan margin of error (MoE) 2,00% dan tingkat kepercayaan mencapai 95%.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru