Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Pesan Mahfud MD ke Santri : Wajib Jaga NKRI Berdasar Pancasila

HOLOPIS.COM, JAWA TIMUR –Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengajak seluruh santri dan generasi muda untuk senantiasa menjaga Indonesia sebagai Negara Kesatuan. Hal ini karena Indonesia lahir atas komitmen dan ideologi bersama bangsanya, yakni Pancasila.

“Para santri wajib hukumnya menjaga NKRI berdasarkan Pancasila. Pancasila ini berdasarkan hasil ijtihad para ulama,” kata Mahfud MD saat mengunjungi Ponpes Miftahul Ulum di Desa Banyuputih Kidul, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (28/12) seperti dikutip Holopis.com.

Pria berusia 66 tahun tersebut juga menekankan, bahwa pentingnya pendidikan pesantren sebagai elemen untuk membangun NKRI. Apalagi Indonesia juga lahir karena peran kalangan pesantren.

“Berbicara pendidikan pesantren sebagai elemen dari nasionalisme kita. Jadi, nasionalisme kita tidak bisa dilepaskan dari tradisi keilmuan di pesantren. Karena Indonesia merdeka ini dukungan ulama-ulama pesantren yang luar biasa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mahfud MD yang juga merupakan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024 – 2029 tersebut pun mendorong agar para santri untuk senantiasa menghayati makna tentang keislaman dan keindonesiaan, agar terciptanya negara yang toleran, bersatu, dan adil dan makmur. Serta menjadi negara yang benar-benar bisa menjalankan hukum sebagai fondasi pembangunannya.

“Perlunya dihayati keislaman dan keindonesiaan. Indonesia yang toleran, bersatu, adil, dan komitmen kepada penegakan hukum,” tutur Mahfud.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...

Pilot Susi Air Bebas dari Jerat Teroris Papua

Satgas Cartenz akhirnya berhasil membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya.

Bos Pajak Bantah Ada Kebocoran Data NPWP dari Sistem DJP

Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Suryo Utomo membantah adanya indikasi kebocoran dara langsung dari sistem di Direktorat Jenderal Pajak atau DJP, utamanya perihal dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru