Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Cak Imin Slepet Mahfud soal Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen : Ujung-ujungnya Utang

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin mempertanyakan target pertumbuhan ekonomi Indonesia 7 persen yang disampaikan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD dalam debat yang berlangsung pada Jumat (22/12) semalam.

Mulanya target pertumbuhan ekonomi itu disampaikan Mahfud sebagai sanggahan atas pernyataan Cak Imin yang hanya memasang target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5-6 persen saja. Padahal menurut Mahfud, ekonomi Indonesia pernah tumbuh fi angka 7 persen pada tahun 1991 silam.

Cak Imin pun dengan santai menjawab sanggahan Mahfud di momen debat tersebut. Dia menegaskan, bahwa pertumbuhan ekonomi harus realistis. Jika tidak, lanjutnya, maka akan menambah beban utang luar negeri (LN) bagi negara.

“Target 5,5 sampai 6 persen itu dengan kalkulasi agar kalau kita tidak terlampau realistis, kita khawatir ujung-ujungnya utang luar negeri lagi,” tegas Cak Imin seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (23/12).

“Kalau membuat target pertumbuhan bisa saja 7-8 persen, tetapi yang ingin kita wujudkan adalah pertumbuhan yang berkualitas dan inklusif,” sambungnya.

Dia pun menjelaskan, pertumbuhan berkualitas dan inklusif yang dimaksud yakni pertumbuhan yang memiliki dampak langsung dalam penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan masyarakat, serta percepatan pemerataan pembangunan.

Di sisi lain, utang luar negeri yang terlampau banyak menurut Cak Imin, justru menimbulkan beban yang semakin tinggi bagi generasi mendatang.

“Sekarang persentase APBN Rp3.000 triliun saja, untuk membayar beban utang cukup tinggi,” jelasnya.

Ketua Umum PKB itu juga menegaskan, bahwa untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang sehat, dibutuhkan investasi yang sehat pula.

“Kita pasti tahu bahwa salah satu syarat-syarat pertumbuhan itu bisa sehat apabila investasi yang masuk juga tidak menjadi beban baru bagi pembangunan nasional kita,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru