Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Beber Belanja Prioritas di Akhir Pemerintahan Jokowi, Apa Saja?

Sri Mulyani Beber Belanja Prioritas di Akhir Pemerintahan Jokowi, Apa Saja?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membeberkan sejumlah belanja prioritas di tahun 2024, yang merupakan tahun terakhir pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai informasi, belanja negara dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024 direncanakan sebesar Rp3.325,1 triliun, dengan alokasi Belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp2.467,5 triliun dan Transfer ke Daerah (TKD) sebesar Rp857,6 triliun.

Adapun untuk pos belanja pendidikan menjadi yang terbesar dalam APBN tahun depan, yakni sebesar Rp655 triliun.

“Pendidikan masih merupakan belanja terbesar Rp665 triliun,” kata Sri Mulyani dalam acara Indonesia-Europe Investment Summit di Jakarta, Kamis (30/11) yang dikutip Holopis.com.

Besarnya anggaran belanja pendidikan tersebut sejalan dengan target pemerintah dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Tanah Air.

Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk peningkatan akses dan kualitas pendidikan melalui penyaluran PIP, KIP Kuliah, BOS, BOP PAUD, sertifikasi dan beasiswa, serta sarana prasarana di daerah 3T.

Kemudian anggaran belanja terbesar berikutnya yakni belanja perlindungan sosial. Besaran anggaran belanja tersebut pada tahun depan telah disiapkan sebesar Rp496,8 triliun. Diharapkan anggaran ini mampu menghapus kemiskinan ekstrem melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako.

Selain pendidikan dan perlindungan sosial, pemerintah juga menyiapkan anggaran sebesar Rp423,4 triliun untuk belanja infrastruktur, termasuk untuk penyelesaian pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menurut Sri Mulyani, pembangunan infrastruktur sampai saat ini masih penting untuk dilakukan, guna mengejar ketertinggalan Indonesia dalam transformasi ekonomi hijau.

“Kota baru yang sudah diputuskan secara politis perlu juga dibangun,” ujarnya.

Selanjutnya, belanja prioritas pemerintahan Jokowi di 2024 yakni belanja di bidang kesehatan, dengan anggaran mencapai Rp 187,5 triliun. Kemudian ketahanan pangan Rp114,3 triliun, serta keamanan dan pertahanan negara sebesar Rp331,9 triliun.

“Jadi beberapa fundamental lainnya seperti ketahanan pangan, energi, keamanan dan hukum dan pertahanan,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.