HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kondisi mengalami kesulitan saat buang air besar itu karena adanya permasalahan pada sistem pencernaan. Pencernaan yang terganggu membuat seseorang merasa gelisah dan tidak nyaman menahan nyeri akibat susah buang air besar.

Seseorang bisa mengalami penyakit sembelit jika tidak bisa buang air besar dalam waktu lebih dari 3 hari. Kondisi seperti ini dapat menimbulkan penyakit pencernaan yang lebih berbahaya sehingga perlu ditangani secepatnya.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat pencernaan menjadi lancar :

  1. Mengonsumsi makanan berserat

Asupan makanan yang mengandung serat dapat membantu untuk melunakkan feses dan melancarkan sistem pencernaan. Asupan serat itu berupa roti gandum, buah – buahan, dan sayur – sayuran. Cara biar bisa melancarkan BAB adalah dengan mengonsumsi serat dalam jumlah 25 hingga 50 gram.

  1. Sering minum air putih

Tubuh dapat mengalami dehidrasi dan sistem pencernaan menjadi terhambat karena kekurangan cairan, sehingga anda harus rajin mengonsumsi air putih setiap hari. Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit sembelit yaitu dengan minum air putih dalam jumlah banyak.

  1. Melakukan olahraga

Cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan sistem pencernaan adalah harus melakukan kegiatan olahraga atau melakukan gerakan ringan. Tubuh yang sering bergerak dapat merangsang usus supaya bisa mudah mengeluarkan kotoran dari tubuh.

  1. Mengatur posisi duduk atau jongkok di toilet

Posisi duduk atau jongkok di toilet memberi pengaruh terhadap kelancaran sistem pencernaan. Cara yang bisa dilakukan agar anda bisa BAB dengan lancar yaitu arahkan tubuh ke depan saat ingin buang air besar. Lalu, anda harus membuat bagian lengan, paha agak lemas dan angkat sedikit tumit kaki.