Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Survei LANSKAP : Publik Masih Seiman dengan Pilihan Jokowi di Pilpres 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur eksekutif Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (LANSKAP), Mochammad Thoha menyampaikan bahwa berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaganya, mayoritas masyarakat Indonesia khususnya pemilih Jokowi-Maruf di Pilpres 2019 masih mempercayakan pilihan politik sesuai preferensi politik Joko Widodo di Pilpres 2024 mendatang.

“Sebagian besarnya atau 39,3 persen dalam menentukan pilihan pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden untuk Pemilu 2024 nanti ternyata
masih akan mengikuti pilihan Jokowi,” kata Thoha dalam rilis survei yang dilakukan pada hari Rabu (8/11) seperti dikutip Holopis.com.

Sementara pemilih Jokowi yang memiliki ketidaksamaan pilihan dengan Jokowi hanya 10.9%. Lantas bagaimana dengan pemilih Prabowo-Sandi di Pilpres 2019 lalu, seberapa besar mereka memilih Prabowo kembali dalam Pilpres nanti.

Hasilnya adalah 28,2 persen pendukung Prabowo-Sandi di Pilpres sebelumnya akan memilih kembali Prabowo yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka. Sementara yang tidak memilih Prabowo lagi ada sebanyak 21,6 persen.

Dengan melihat data tersebut, Thoha menilai bahwa publik khususnya pendukung Jokowi di Pilpres 2019 lalu masih cenderung loyal. Mayoritas mereka masih memantabkan diri untuk satu iman politik dengan Presiden RI dua periode itu.

“Temuan ini dapat menunjukkan bahwa sosok Jokowi merupakan entitas yang kuat dan menentukan siapa dari ketiga pasangan calon yang akan keluar sebagai pemenang nantinya,” terangnya.

Dengan kata lain, Thoha menyebut bahwa Jokowi dianggap sebagai kingmaker atau sosok kunci dalam proses suksesi kepemimpinan nasional 2024 nanti.

Survei ini diambil menggunakan sample 880 responden yang ada di 4 (empat) provinsi di Pulau Jawa, yakni di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rentang waktu yang digunakan dalam pengambilan sample adalah 26 Oktober – 2 November 2023 dengan direct interview.

Metodologi yang digunakan adalah probability sampling dan multistage random sampling dengan margin of error (MoE) kurang lebih 3,3% dengan tingkat kepercayaan hingga 95%.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru