HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berbohong adalah perilaku seseorang menyembunyikan kesalahannya karena takut dimarahi. Sering melakukan kebohongan dapat memberikan pengaruh yang buruk loh.

Tidak berkata jujur bisa mengurangi rasa kepercayaan seseorang terhadap diri kita. Maka dari itu, sifat berbohong harus dihapus dan mulai belajar mengakui kesalahan.

Berikut ini beberapa tips untuk para orang tua yang kesulitan menghadapi anak yang suka berbohong!

  1. Menegur anak

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi anak yang suka berbohong adalah dengan memberikan teguran yang baik untuknya. Para orang tua di luar sana dianjurkan untuk bersikap tegas terhadap anak dan mengajarinya bahwa berbohong itu merupakan tindakan yang tidak terpuji.

  1. Memberi tahu pengaruh buruk akibat berbohong

Bagi orang tua yang anaknya masih suka berbohong, alangkah baiknya memberi didikan dan pengetahuan untuk sang anak mengenai dampak buruk apabila sering berkata bohong.

  1. Orang tua harus menerapkan hidup yang jujur

Anak – anak memiliki rasa penasaran yang tinggi, sehingga anda sebagai orang tua harus selalu berkata yang jujur di depan anak. Karena anak – anak selalu meniru apa yang mereka lihat.

  1. Orang tua harus bersikap sabar dan lembut

Ketika anak berbohong dan menutupi kesalahannya, orang tua sebaiknya jangan langsung memarahinya dan membentaknya karena itu akan membuat anak semakin ragu untuk berkata jujur.