Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Segera Kirim Bantuan ke Gaza Pekan Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Indonesia sangat mengutuk keras kekerasan dan serangan yang dilakukan oleh militer Israel kepada masyarakat sipil di Gaza, Palestina.

“Indonesia sangat marah terhadap memburuknya situasi di Gaza, terutama situasi kemanusiaan,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi persnya pada hari Senin (30/10) seperti dikutip Holopis.com.

Ia pastikan akan terus memonitor perkembangan yang terjadi di kawasan Timur Tengah tersebut. Apalagi saat militer Israel sudah melakukan serangan kepada fasilitas publik yang seharusnya aman.

“Kita terus ikuti secara dekat perkembangan di Gaza. Dan posisi Indonesia sangat jelas dan tegas, mengutuk keras serangan acak terhadap masyarakat sipil dan fasilitas sipil di Gaza,” ujarnya.

Oleh sebab itu, sebagai bagian dari negara non blok, Indonesia terus mengampanyekan upaya perdamaian antar kedua belah pihak, baik militer Palestina dengan Hamas-nya, maupun Israel.

“Kekerasan harus dihentikan, gencatan senjata harus terus diupayakan,” tegas Jokowi.

Bahkan ia juga mendorong bantuan kemanusiaan agar terus digencarkan, sekaligus mengupayakan penyelesaian masalah antara Israel dengan Palestina.

“Bantuan kemanusiaan harus terus didorong dan dipercepat, diakselerasi dan Indonesia terus melakukan komunikasi dengan banyak pihak untuk mengupayakan penyelesaian masalah ini,” sambungnya.

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo juga menyatakan akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza untuk membantu kebutuhan yang diharapkan masyarakat di sana.

“Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan yang akan disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan rakyat Palestina. Dan kloter pertama akan dikirimkan minggu ini,” paparnya.

Lalu, Jokowi juga menerangkan bahwa bantuan ini merupakan langkah konkret yang dilakukan oleh pemerintah bersama masyarakat sipil lainnya.

“Bantuan ini adalah gabungan dari pemerintah dan dunia usaha serta masyarakat,” pungkas Jokowi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru