HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bakal Cawapres 2024, Mahfud MD sudah siap bertandang ke KPU untuk mendaftar sebagai pasangan Capres-Cawapres bersama Ganjar Pranowo.

Keberangkatan itu dimulai dari Tugu Proklamasi, sebagai simbol filosofis perjuangan yang pernah terjadi di era Soekarno dan Mohammad Hatta tahun 1945 lalu.

“Bahwa hari ini kita berangkat dari tugu proklamasi, yaitu satu tempat ketika Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia menyatakan proklamask kemerdekaan Indonesia,” kata Mahfud MD dalam pidatonya seperti dikutip Holopis.com, Kamis (19/10).

Dalam kesempatan itu, Mahfud MD sekilas ingin bernostalgia dengan peristiwa lima tahun lalu, dimana ia mendadak batal menjadi Cawapres Jokowi tahun 2019 lalu.

“Hari ini saya memakai baju putih yang lima tahun lalu saya siapkan untuk mendaftar ke KPU,” celetuk Mahfud yang membuat banyak yang hadir tertawa termasuk Ganjar Pranowo.

Dengan memakai kemeja putuh itu, Mahfud mengatakan bahwa di dalam bajunya itu ada pesan dari Tuhan yang terbaik untuknya.

“Ini dulu tidak jadi dipakai meskipun sudah jadi, tetapi ada pesan Tuhan di baju ini, ditunda dulu untuk dipakai ke KPU, dan hari ini dipakai untuk mendaftar,” tukasnya.