Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kursi Ganjar Diduduki Mantan Kapolda Metro Nana Sudjana

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masa jabatan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah akan berakhir pada tanggal 5 September 2023 mendatang. Sehingga kursi orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut akan kosong dalam 4 (empat) hari ke depan.

Menurut informasi yang dihimpun Holopis.com, nama yang muncul sebagai Penjabat Gubernur Jawa Tengah sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Ia adalah Komjen Pol (purn) Nana Sudjana.

Penunjukan Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah didasari atas keputusan Presiden Jokowi dalam rapat Tim Penilai Akhir (TPA) di Istana Negara Jakarta pada hari Kamis (31/8) pukul 15.00 WIB.

Sekadar diketahui, bahwa Nana Sudjana merupakan purnawirawan polisi dengan pangkat bintang tiga alias Komisaris Jenderal (Komjen). Ia mengakhiri masa kedinasannya sebagai perwira aktif Polisi per bulan Maret 2023.

Nana Sujana merupakan lulusan akademi kepolisian (Akpol) angkatan 1988. Setelah lulus dari sekolah polisi tersebut, Nana mulai berdinas sebagai Pamapta di Polresta Yogyakarta. Kemudian berlanjut karirnya menjadi Kapolsetka Umbulharjo Polresta Yogyakarta.

Karir Nana pun semakin moncer, hingga ia dipercaya sebagai Kepala Satuan Intelijen (Kasat Intel) Polres Metro Jakarta Barat pada tahun 2001. Setahun kemudian, ia didapuk sebagai Kapolsek Metro Tamansari Polres Metro Jakarta Barat pada tahun 2002.

Singkat cerita, ia pernah menduduki jabatan sebagai Direktur Intelijen Keamanan Polda Jawa Timur di tahun 2014, dan bertengger menjadi Wakapolda Jambi di tahun 2015.

Selanjutnya, di Tahun 2016 Nana Sudjana dipercaya menjadi Direktur Politik Badan Intelijen Keamanan Polri dan menjadi salah satu batu loncatan cukup tinggi bagi perwira Polri kelahiran Cirebon, 26 Maret 1965 itu.

Lalu, Nana Sudjana dipercaya menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat pada tahun 2019, lalu di tahun yang sama didapuk sebagai Kapolda Metro Jaya. Selanjutnya di tahun 2020, ia ditarik ke Mabes Polri sebagai Koorsahli Kapolri.

Dan jabatan terakhir di kedinasannya itu, Nana Sujana diberikan amanah sebagai Kapolda Sulawesi Selatan sejak 31 Oktober 2021 – 27 Maret 2023.

Saat ini, Komjen Pol (purn) Nana Sudjana menjabat sebagai Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI sejak 27 Maret 2023 – Sekarang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru