Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kasih Dia Tau : Manfaat Donor Darah bagi Tubuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Donor darah merupakan proses menyumbangkan darah kita bagi menyelamatkan orang lain yang tengah membutuhkan. Selain itu, dalam satu donasi darah yang dilakukan, anda bahkan dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa sekaligus.

Tak hanya itu, kegiatan donor darah sendiri juga merupakan salah satu cara agar kita dapat memberikan harapan hidup bagi orang lain, sehingga dapat memupuk rasa kebersamaan. Namun jarang diketahui, donor darah tak hanya akan menyelamatkan seseorang tetapi juga memberi dampak yang baik bagi kesehatan tubuh anda.

Simak penjelasannya berikut ini, guna mengetahui apa saja manfaat donor darah bagi tubuh anda, seperti yang dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Selasa (22/8).

Manfaat Donor Darah bagi Tubuh

Perlu diketahui selain bermanfaat bagi orang lain, mendonor darah juga dapat dirasakan manfaatnya oleh tubuh anda baik secara fisik maupun mental. Diantaranya yaitu:

Manfaat Donor secara Fisik

1. Membantu mengurangi kekentalan darah dalam tubuh
2. Dapat meminimalisir resiko penyakit jantung
3. Membantu menurunkan kadar oksidan dalam tubuh dengan meningkatkan kandungan antioksidan
4. Menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh

Manfaat Donor secara Mental

1. Mengurangi perasaan negatif
2. Membantu mengurangi stres
3. Menurunkan rasa terasingkan
4. Meningkatkan kesejahteraan emosi

Itulah beberapa manfaat mendonor darah yang dapat anda peroleh, dengan melakukan hal ini secara rutin secara tak langsung anda juga bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Hal ini karena, petugas akan melakukan pemeriksaan detak jantung, tekanan darah, hingga tingkat HB (hemoglobin) sebelum mengambil darah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru