Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Kalian Harus Tau, Ternyata Ini Penyebab Mudah Ngantuk

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Rasa ngantuk yang tertahankan tentu saja dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Umumnya, lama waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa adalah 7 hingga 9 jam sehari. Meski begitu, rasa ngantuk berlebihan bisa saja terjadi meski waktu tidur anda sudah cukup atau bahkan sudah tidur lebih lama dari waktu yang dianjurkan.

Tidak hanya mengganggu aktivitas anda sehari-hari, rasa kantuk tak tertahankan juga dapat membahayakan keselamatan anda. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui apa saja faktor penyebab mudah mengantuk atau ngantuk secara berlebihan, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Rabu (12/7).

Faktor Penyebab Mudah Mengantuk

Umumnya, mudah mengantuk sering disebabkan oleh bekerja lembur atau beraktivitas hingga larut malam (begadang). Kondisi ini menyebabkan jam tidur anda berkurang dan mudah mengantuk keesokan harinya, tak hanya itu ada pula keluhan mudah mengantuk yang disebabkan oleh beberapa hal lainnya seperti:

Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan mudah mengantuk, diantaranya:

1. Gangguan tidur, seperti narkolepsi, sleep apnea, hipersomnia, dan insomnia
2. Diabetes
3. Kelainan hormon, seperti hipotiroidisme
4. Gangguan elektrolit, seperti kekurangan atau kelebihan natrium serta kelebihan kalsium
5. Sindrom kelelahan kronis
6. Jet lag

Masalah Kejiwaan

Perlu diketahui, mudah mengantuk atau keseringan mengantuk juga dapat disebabkan oleh masalah pada kondisi mental, emosional, atau psikologis misalnya saat anda merasa bosan. Namun, mudah mengantuk juga dapat menjadi gejala dari beberapa gangguan kejiwaan tertentu seperti gangguan cemas, stres berat, depresi, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Efek Samping Obat-Obatan

Jenis obat-obatan seperti, obat tidur dan obat penenang, serta obat antihistamin diketahui dapat menimbulkan efek samping yang dapat membuat anda mudah mengantuk setelah mengkonsumsinya. Selain obat-obatan tersebut, konsumsi alkohol berlebihan juga dapat membuat anda mudah mengantuk.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Kemenkes Bakal Vaksinasi Mpox

WHO dan BPOM sepakat akan memberikan vaksinasi cacar ,monyet atau Mpox di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru