Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizEkonomi Naik Kelas, Sri Mulyani Yakin RI Bakal Banjir Investor

Ekonomi Naik Kelas, Sri Mulyani Yakin RI Bakal Banjir Investor

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, bahwa perekonomian Indonesia telah naik kelas, seiring dengan peningkatan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

“Indonesia makin baik ekonominya dan salah satu indikatornya menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang kemudian diterjemahkan dengan kenaikan income (pendapatan) per kapita,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (4/7).

Sebagaimana diketahui, kini masuk dalam daftar negara dengan pendapatan menengah ke atas atau upper middle income. Hal itu didasarkan pada klasifikasi terbaru yang dirilis Bank Dunia (World Bank).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia mencapai Rp71 juta atau US$ 4.783,9.

Dengan mengacu pada klasifikasi yang dikeluarkan Bank Dunia, maka posisi Indonesia masuk dalam katagori negara dengan pendapatan menengah ke atas, yakni diantara US$4.046 hingga US$12.535.

Situasi tersebut, lanjut Sri Mulyani, akan memberikan dampak positif ke depan, khususnya dalam hal investasi. Menurutnya, akan ada banyak investor di dunia yang tertarik masuk ke Indonesia.

“Kalau ekonomi kita tumbuh bagus, stabil, dan kinerjanya tetap terjaga justru akan menjadi tempat untuk destinasi investasi,” ujarnya.

Dengan ramainya investasi yang ada, tentu akan mendorong perekonomian nasional, dan sekaligus mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Jadi harusnya progres yang baik ini memiliki dampak positif terhadap investasi terhadap pembiayaan dan terhadap keseluruhan masyarakat Indonesia,” tukas mentan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.