HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan sederet pesan kepada seluruh masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air di masa endemi Covid-19 sekarang ini.

Dia meminta masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah dijalankan saat pandemi Covid-19, guna menjaga lingkungan hidup yang sehat.

“Masyarakat mesti menyadari bahwa kesehatan di saat endemi itu adalah masalah masing-masing. Misalnya lagi musimnya demam berdarah atau banyak nyamuk, ya kita mesti hati-hati,” ungkap Budi dalam podcast Sekretariat Kabinet RI yang dikutip Holopis.com, Selasa (4/7).

Dengan kata lain, Menkes Budi meminta masyarakat untuk tetap memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi akan kesehatan mereka di masa endemi ini.

Tak hanya itu, Budi juga menyinggung soal pentingnya vaksinasi di masa endemi ini, khususnya bagi masyarakat dengan riwayat penyakit khusus serta usia senja.

“Vaksinasi itu penting, terutama untuk kalangan-kalangan yang rawan. Begitu sudah dikasih vaksinasi, itu daya tahan tubuhnya sudah bagus,” papar Budi.

Budi mengatakan, tak ada salahnya masyarakat tetap waspada dan bertanggung jawab dengan kesehatannya meski status pandemi Covid-19 di Indonesia telah dicabut.

Bahkan menurutnya, tak masalah bila warga masih memakai masker, meskipun sudah masuk masa endemi sekalipun. Namun ia tetap menganjurkan untuk memakai masker saat kondisi kesehatan sedang menurun.

“Pakai masker saja, enggak apa-apa,” pungkasnya.