HOLOPIS.COM, JAKARTA – Teh hijau atau dikenal juga dengan green tea merupakan salah satu jenis teh yang paling terkenal, dan dikonsumsi di seluruh dunia. Tak hanya memiliki rasa yang segar dan enak, green tea juga diketahui sejak lama karena manfaatnya bagi kesehatan yang luar biasa.

Berasal dari tanaman camellia sinensis, secara kandungan teh hijau mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Adapun kandungan senyawa tersebut seperti katekin, kafein, polifenol, dan antioksidan lainnya. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui lebih banyak manfaat green tea bagi kesehatan dan kecantikan. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Senin (3/6).

1. Kaya akan Antioksidan

Green tea atau teh hijau diketahui mengandung senyawa polifenol terutama epigallocatechin gallate (EGCG), yaitu senyawa antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penuaan dini, penyakit jantung, dan kanker.

2. Mendukung Penurunan Berat Badan

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa teh hijau dapat membantu proses penurunan berat badan. Hal ini karena, kandungan katekin dalam teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu membakar lemak dengan lebih efisien. Tak hanya itu, teh hijau juga dapat meningkatkan oksidasi lemak selama aktivitas fisik sehingga membantu dalam pengelolaan berat badan.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Green tea selalu dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Pasalnya, kandungan polifenolnya diketahui dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, serta mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Selain itu, dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur hal ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko serangan jantung, serta stroke.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Teh hijau diketahui mengandung kafein dalam jumlah yang lebih rendah bila dibandingkan dengan kopi, namun dapat memberikan manfaat bagi kesehatan otak juga. Hal ini karena, kafein dalam teh hijau dapat meningkatkan kognitif, meningkatkan suasana hati, serta meningkatkan kewaspadaan. Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine yang dapat meningkatkan aktivitas gelombang otak, hal ini berhubungan dengan relaksasi dan konsentrasi.

5. Melindungi Kulit

Perlu diketahui, kandungan antioksidan dalam teh hijau diketahui memiliki manfaat baik bagi kesehatan kulit. Pasalnya, antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Selain itu, teh hijau juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, meredakan jerawat, serta memberikan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.