Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Daging Kambing Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui? Ini Kata Ahli Gizi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Daging kambing menjadi salah satu makanan favorit bagi banyak orang, terlebih saat momen Idul Adha seperti sekarang ini.

Namun apakah daging kambing aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui? Mengingat daging ini dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol hingga memicu hipertensi.

Ahli Gizi dari Universitas Diponegoro, Fahmy Arif Tsani mengatakan, bahwa daging kambing aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, asalkan tidak berlebihan.

“Karena daging sumber protein yang baik justru disarankan untuk olahragawan, ibu hamil dan menyusui itu butuh protein ekstra untuk pertumbuhan janin dan menyusui,” kata Fahmy sebagaimana dikutip Holopis.com, Kamis (29/6).

Fahmy kemudian menjelaskan, bahwa daging sapi dan kambing mengandung kalori dan zat gizi. Dari segi kalori, misalnya per 100 gram sapi terdapat 200 kilogram (kg) kalori. Sedangkan untuk daging kambing sendiri setiap 100 gramnya mengandung 150 kg kalori.

Artinya, daging kambing ¾ lebih rendah kalori ketimbang daging sapi. Begitu pun dengan lemak yang terkandung dalam daging kambing lebih sedikit daripada sapi.

Dia pun mengatakan, bahwa permasalahan daging kambing yang harus menjadi perhatian para ibu hamil yakni cara mengolahnya, khususnya terkait bumbu yang digunakan.

“Yang jadi masalah itu seringkali bukan dagingnya, tetapi bumbunya,” tukas Fahmi.

Dikatakannya, bahwa bumbu yang digunakan untuk mengolah daging kambing menjadi masakan sate, tongseng, hingga gulai banyak mengandung natrium tinggi, sehingga dapat menimbulkan hipertensi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru