Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Suntana, Sosok Penting Jaga Stabilitas Pemilu 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Eksekutif ASA Indonesia, Achmed S Anwar menyampaikan selamat atas penempatan baru Komjen Pol Suntana sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri.

Ia menilai, sosok Komjen Pol Suntana bisa menjadi penyeimbang yang tepat bagi kerja-kerja Polri.

“Komjen Pol. Drs. H. Suntana, M.Si adalah sosok jendral yang bisa imbangi kinerja Kapolri dalam dunia intelijen,” kata Anwar dalam keterangannya kepada Holopis.com, Senin (26/6).

Apalagi kata Anwar, mantan Wakapolda Metro Jaya yang sempat menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tersebut memiliki banyak sekali pengalaman dalam bidang intelijen. Sehingga patut jabatan itu diamanahkan kepada jenderal bintang tiga tersebut.

“Komjen Suntana memiliki kompetensi yang baik dan memiliki jam terbang yang mapan dalam dunia Intelijen, serta akbar dan hangat pada stakeholder politik,” ujarnya.

Kemudian, dalam menghadapi dinamika politik Pemilu 2024, penunjukan Komjen Pol Suntana pun dianggap sebagai pilihan yang sangat baik oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Ia yakin, dengan kepiawaian dan sepak terjang Komjen Pol Suntana selama ini, tensi politik di Pemilu 2024 baik Pilpres maupun Pileg dan Pilkada akan cenderung tenang.

“Menjelang pemilu 2024, memerlukan kerja ekstra dari institusi polri dan mengawal keteduhan iklim politik di tengah pesta demokrasi. Baintelkam Mabes Polri adalah bidang dalam tubuh Polri untuk melakukan deteksi dini dalam menyerap informasi serta menjadi ujung tombak komunikasi yang masif kepada seluruh stakeholder politik,” papar Anwar.

“Karena kompleksitas yang dihadapi memerlukan energi dan jam terbang yang mapan,” sambungnya.

Lebih lanjut, alasan ia memuji pilihan Kapolri tersebut, karena sejauh ini rekam jejak Suntana belum pernah tercoreng sama sekali. Mulai dari jabatan sebagai Wakapolda Metro Jaya, Kapolda Lampung, Wakabaintelkam Mabes Polri, Kapolda Jawa Barat dan Wakil Kepada Badan Sandi dan Siber Negara.

“Jabatan yang diemban Pak Suntana tidak meninggalkan catatan negatif pada citra Polri. Sisi humanisme beliau jalankan amanah itu dengan baik dan relatif mendapatkan citra positif,” tandasnya.

Oleh sebab itu, ia pun sangat yakin dengan kepemimpinan Komjen Pol Suntana sebagai Kabaintelkam Polri menggantikan Komjen Pol Wahyu Widada yang dimutasi menjadi Kabareskrim, akan berjalan sangat baik demi kebaikan bangsa dan negara serta citra Polri ke depan.

“Kerja-kerja senyap Komjen Pol Suntana, dalam menyerap informasi dan penanganan serta pengamanan pemilu, patut diapresiasi dalam menjaga kestabilitasan dan menciptakan pemilu damai dan teduh,” pungkasnya.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Komjen Pol Suntana diperintahkan untuk menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Mutasi itu dilakukan melalui Surat Telegram (TR) nomor ST/ 1393 / VI / KEP./2023 yang ditandatangani Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada hari Sabtu, 24 Juni 2023.

Sebelumnya, Komjen Pol Suntana merupakan perwira tinggi Polri yang di-BKO-kan menjadi Wakil Kepala BSSN. Kemudian, ia saat ini menjabat sebagai Kabaintelkam menggantikan Komjen Pol Wahyu Widada yang dimutasi menjadi Kabareskrim Polri menggantikan Komjen Pol Agus Andrianto, karena mendapat amanat baru menjadi Wakapolri menggantikan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono yang memasuki masa pensiun.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru