Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Retas Situs Setkab, 2 Remaja Jadi Tersangka

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pihak kepolisian berhasil mengamankan 2 orang terduga pelaku peretasan situasi Setkab.go.id beberapa waktu lalu.

Kepala Biro Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono katakan, bahwa kedua orang itu langsung ditetapkan sebagai tersangka usai ditangkap di Sumatera Barat.

“Kedua pelaku yang diamankan yakni BS alias ZYY yang masih berusia 18 tahun dan MLA yang masih berusia 17 tahun, ” kata Rusdi seperti dikutip dari situs Polri.go.id, Senin (9/8).

Kedua pelaku ditangkap pada hari Jumat (6/8) lalu. BS ditangkap di Tabing Bandar Gadang, Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Utara pada Kamis, 5 Agustus 2021 lalu. Sedangkan MLA ditangkap di Perumahan Hansela Garden, Kecamatan Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Untuk motif peretasan oleh pelaku, Rusdi katakan bahwa sampai saat ini Bareskrim Polri masih terus dalami motif yang digunakan pelaku.

“Motifnya mengubah tampilan web tidak sebagaimana mestinya sehingga web tidak dapat digunakan semestinya. Sedangkan motif ekonomi sedang di dalami oleh penyidik,” ungkapnya.

Atas perbuatan yang dilakukan kedua tersangka dijerat dengan pasal 46 ayat (1) ayat (2) dan ayat (3) Jo Pasal 30 ayat (1) ayat (2) ayat (3), Pasal 48 ayat (1) Jo Pasal 32 ayat (1), Pasal 49 Jo Pasal 33 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Salahkan Keteledoran Manusia Penyebab Kebocoran Data Terjadi Lagi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi terjadinya kembali fenomena kebocoran data yang kali ini adalah data NPWP Kementerian Keuangan.

DJP Bantah 6 Juta Data NPWP Bocor

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membantah adanya dugaan kebocoran 6 juta data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru