Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Libur Idul Adha Ditambah, Cholil Nafis : Indahnya Kebersamaan dalam Perbedaan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis merespon positif keputusan pemerintah yang menambah Hari libur untuk memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Menurutnya, penambahan cuti bersama tersebut merupakan hal bentuk toleransi atas adanya perbedaan dalam penetapan Lebaran Haji antara pemerintah dengan Muhammadiyah.

“Lebarannya boleh berbeda tapi liburannya dinikmati bersama. Itulah indahnya kebersamaan dalam perbedaan,” kata Cholil Nafis melalui cuitan di akun Twitternya yang dikutip Holopis.com, Selasa (20/6).

Diberitakan Holopis.com sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk merubah libur Idul Adha 2023 menjadi 3 hari, dimana cuti bersama diberlakukan pada tanggal 28 dan 30 Juni 2023.

Hal tersebut tertuang dalam perubahan kedua atas keputusan Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 2 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

Penambahan hari libur tersebut merupakan usulan yang muncul karena adanya perbedaan pelaksanaan Idul Adha antara Pemerintah dan Muhammadiyah, dimana Pemerintah melalui Kemenag memutuskan Idul jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Sedangkan untuk Muhammadiyah sendiri memutuskan Idul Adha jatuh pada hari Rabu, 28 Juni 2023.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru