Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Karyono Wibowo : Jokowi Belum Tentukan Capres

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai bahwa sejauh ini belum ada sosok tertentu yang sudah mantab didukung oleh Presiden Joko Widodo, yakni untuk menjadi pemegang tongkat estafet kepemimpinan nasional di Indonesia pasca 2024.

“Jika kita simak secara cermat pernyataan Presiden Joko Widodo terkait figur capres dalam kontestasi pilpres 2024 belum secara tegas mendukung salah satu figur,” kata Karyono kepada Holopis.com, Senin (22/5).

Hal ini dilihat dari belum adanya nama yang secara pasti disebut oleh Jokowi untuk ia dukung secara personal.

“Sampai saat ini, Jokowi belum secara eksplisit menyebut satu nama yang akan didukung,” imbuhnya.

Mulai dari rambut putih hingga sosok yang pemberani, semuanya masih dalam tahap sinyal semata. Pun belum pasti apakah Jokowi akan cenderung ke Ganjar Pranowo atau ke Prabowo Subianto, namun publik bisa menerka bahwa dukungan itu jelas mengarah kepada keduanya, ketimbang kepada Anies Baswedan yang saat ini diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

“Jokowi hanya memberikan sinyal sinyal yang menjadi teka-teki dan multi tafsir.
Tetapi secara semiotika arah dukungan Jokowi mengarah pada figur Ganjar dan Prabowo,” ujarnya.

Lebih lanjut, pengamat politik senior ini menilai bahwa dukungan politik pribadi kepada sosok capres tertentu di Pilpres 2024 oleh Joko Widodo sangat wajar. Tentu siapapun presidennya, ingin agar apa yang telah dilakukan selama periode menjabat dan seluruh legacy tidak dianulir apalagi digoyahkan untuk diubah-ubah.

“Kesimpulan sementara yang bisa ditarik yaitu, Jokowi sedang memainkan irama politik untuk memastikan pilpres mendatang adalah All President’s Men,” tandasnya.

“Jokowi ingin presiden mendatang melanjutkan program pembangunan yang telah dirintis selama 10 tahun. Selain itu, wajar jika Jokowi ingin aman,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru