HOLOPIS.COM, JAKARTA – Biang keringat atau miliaria, umumnya terjadi saat suhu udara terlalu panas dan lembab. Kondisi ini ditandai dengan ruam atau bintik kemerahan pada kulit dan sering menimbulkan rasa gatal, selain itu biang keringat juga membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Hal ini dapat dialami oleh siapa saja, namun lebih sering dialami oleh bayi karena kelenjar keringatnya belum berkembang dengan sempurna. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut untuk mengetahui cara mengatasi biang keringat dan mencegahnya datang kembali. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Jumat (19/5).

Penyebab Biang Keringat

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi dan cegah biang keringat datang kembali, ada baiknya kenali terlebih dahulu penyebabnya. Penyebab terjadinya biang keringat yaitu, tersumbatnya kelenjar keringat yang mengakibatkan terjadinya penumpukan keringat. Meski tak berbahaya, umumnya kondisi ini muncul di area leher, tangan, punggung, wajah, dada, atau bahkan selangkangan. Adapun beberapa penyebab seseorang lebih rentan terkena biang keringat, di antaranya:

1. Kelebihan berat badan
2. Banyak berbaring, misalnya ketika harus menjalani pemulihan saat sedang sakit
3. Kelenjar keringat belum berkembang sempurna, misalnya pada anak-anak dan bayi
4. Menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan tidak menyerap keringat, apalagi bila digunakan saat cuaca panas

Menangani dan Cegah Biang Keringat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, biang keringat memang tidak berbahaya, namun dapat menimbulkan rasa tak nyaman terutama pada anak-anak, sehingga membuatnya rewel. Itu sebabnya, anda perlu mengetahui cara penanganan dan mencegahnya terjadi. Anda dapat menggunakan pelembab kulit yang mengandung calamine atau krim dengan kandungan hidrokortison, guna meredakan gejala biang keringat, kedua jenis obat ini dijual secara bebas dan bisa anda dapatkan di apotik.

Namun, bila biang keringat sudah sangat mengganggu atau gatal, anda dapat mengatasinya dengan konsumsi tablet antihistamin. Sementara itu, untuk mencegah biang keringat kembali muncul anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Bersihkan diri menggunakan sabun antiseptik atau antibakteri
2. Oleskan krim dengan kandungan anhydrous lanolin guna mencegah terjadinya penyumbatan kelenjar keringat
3. Gunakan baju berbahan katun yang longgar dan menyerap keringat, serta hindari mengenakan pakaian berbahan sintetis seperti, nilon atau polyester, karena justru dapat memerangkap panas
4. Menjaga kulit tetap kering dengan mandi secara teratur atau membasuh diri dengan air dingin

Itulah beberapa penyebab biang keringat, dan penanganan sederhana yang dapat anda membantu menghilangkan serta mencegahnya datang kembali.