Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ini 5 Pilihan Camilan Sehat Bagi Penderita Diabetes

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Memilih cemilan sehari-hari bukanlah hal yang mudah untuk ditentukan, terutama bagi penderita diabetes. Hal ini karena, rasa takut cemilan yang dikonsumsi dapat meningkatkan gula darah secara drastis.

Nyatanya, meski anda memiliki diabetes anda tetap bisa mengkonsumsi camilan. Dengan catatan camilan tersebut mengandung banyak serat, protein, dan lemak baik agar dapat membantu menjaga kadar gula darah anda tetap terkendali.

Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui apa saja jenis cemilan yang termasuk dalam daftar aman dikonsumsi penderita diabetes. Seperti yang telah dirangkum Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Sabtu (13/5).

1. Yogurt bebas Lemak dan Gula

Cemilan sehat pertama yang aman dikonsumsi penderita diabetes adalah, yogurt bebas lemak dan gula. Pasalnya, yogurt merupakan pilihan sehat untuk asupan karbohidrat, lemak baik, protein, dan probiotik.

Sebelum dikonsumsi penderita diabetes, anda perlu memperhatikan informasi nilai gizi yogurt tersebut terlebih dahulu, usahakan untuk memilih yogurt dengan kandungan protein yang tinggi (10-20 gram) dan kandungan karbohidrat yang rendah (kurang dari 15 gram).

Selain itu, untuk memperkaya rasa anda dapat menambahkan pemanis buatan yang alami dan aman, seperti pemanis lo han kuo atau stevia.

2. Cokelat Hitam

Kata siapa penderita diabetes tidak boleh makan cokelat? Nyatanya, cokelat justru baik untuk dikonsumsi.

Namun perlu diperhatikan pemilihannya, dengan memilih jenis cokelat hitam (dark chocolate). Pasalnya, cokelat jenis ini dipercaya dapat menjaga gula darah tetap stabil dan meningkatkan kerja hormon insulin yang sangat baik bagi penderita diabetes.

Selain itu, cokelat hitam yang baik bagi penderita diabetes yaitu dengan kandungan setidaknya 70% kakao, perlu diingat batasi juga jumlah gula sekitar 15-30 gram per hidangan. Anda dapat menemukannya pada komposisi dan informasi nilai gizi, yang biasa nya terdapat di belakang kemasan.

3. Chia Seed

Cemilan yang satu ini, merupakan jenis biji-bijian yang berasal dari taman Salvia Hispanica L. Chia seed tinggi diketahui akan kandungan serat, sehingga dapat memperlambat penyerapan gula dalam darah, hal inilah yang membuat kadar gula pada penderita diabetes tetap terkontrol dengan baik.

Anda dapat mengolah biji-bijian ini menjadi puding yang nikmat, namun perlu diingat untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, bila dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan kadar gula darah menurun drastis, apalagi jika anda juga mengkonsumsi obat diabetes.

4. Buah

Walaupun memiliki rasa yang manis, buah tetap dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini karena, buah mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Namun, perlu dipastikan agar memilih buah-buahan segar yang tidak membuat kadar gula darah menjadi naik.

Pilihlah buah-buahan seperti apel, anggur, salak, jeruk, pir, beri-berian, dan kiwi jenis buah-buahan ini aman dikonsumsi penderita diabetes sebagai cemilan setiap harinya.

5. Telur Rebus

Tak hanya jenis buah-buahan, telur rebus juga dapat menjadi pilihan cemilan sehat bagi penderita diabetes. Pasalnya, dalam 1 butir telur berukuran sedang terkandung sekitar 7 gram protein.

Selain itu, telur juga mengandung kalium yang baik untuk kesehatan otot dan saraf, serta dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kuning telur mengandung biotin yang dibutuhkan dalam produksi hormon insuline.

Meski begitu bagian, telur ini juga tinggi akan kolesterol, sehingga bila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Maka, bila anda lebih memilih konsumsi telur utuh bersama kuningnya, anda perlu membatasinya maksimal 3 butir saja dalam satu minggu, tapi bila hanya memilih bagian putih telur anda boleh mengkonsumsinya dalam jumlah lebih banyak.

Meski memiliki penyakit diabetes, tidak menghalangi anda mengkonsumsi cemilan. Hal ini karena, ada banyak pilihan cemilan sehat yang dapat anda nikmati, dengan catatan jumlahnya dibatasi dan diimbangi dengan makanan sehat lainnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru