Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ternyata Ini 5 Penyebab Gigi Busuk yang Perlu Dihindari, Catat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gigi busuk atau gigi berlubang, merupakan gangguan yang sering terjadi akibat tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik. Selain itu, mulut kering dan kebiasaan penggunaan dot saat minum susu juga dapat menjadi penyebab lainnya.

Pembusukan terjadi akibat penumpukan plak, atau lapisan lengket dan tidak berwarna yang melapisi permukaan gigi dan terdapat banyak bakteri di dalamnya. Sehingga, ketika bakteri tersebut bercampur dengan gula dalam makanan maka akan tercipta asam. Akibatnya, asam yang dihasilkan menggerogoti gigi, bila tidak dirawat dengan baik secara perlahan gigi menjadi busuk dan berlubang.

Sehingga, akhirnya menjadi goyang dan copot, serta membuat mulut terlihat ompong. Simak penjelasan berikut ini agar mengetahui apa saja penyebab gigi busuk yang perlu dihindari, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Sabtu (6/5).

1. Pola Makan yang Buruk
Keseringan mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula dapat memicu kerusakan pada gigi. Pasalnya, kandungan-kandungan tersebut dapat memicu penumpukan bakteri di mulut yang menghasilkan asam. Oleh karena itu, bila tidak dibersihkan secara rutin gigi akan rusak dan membusuk secara perlahan. Adapun, selain makanan asam serta minuman bersoda juga dapat memicu gigi busuk, hal ini karena asam dapat mengikis enamel atau email gigi dan membuatnya semakin menipis, sampai akhirnya gigi membusuk.

2. Tidak Menjaga Kesehatan Gigi
Menjaga kebersihan gigi merupakan hal yang krusial dan penting, jika menginginkan gigi sehat dan terhindar dari berlubang maupun rusak. Menyikat gigi dan flossing benang secara teratur, efektif menghilangkan plak di sela gigi. Tak hanya itu, cara ini juga dapat menjaga gigi tetap sehat dan kuat, lakukan rutinitas ini minimal 2 kali dalam sehari, serta tetap memeriksakan kesehatan gigi sebanyak 2 kali dalam setahun.

3. Celah Gigi
Tak hanya disebabkan oleh pola makan yang buruk dan tidak menjaga kesehatan gigi, membusuknya gigi juga dapat dipicu oleh celah gigi yang dalam, atau disebut dengan groves. Masalah ini akan membuat pengidapnya, sulit menyikat gigi secara merata, apalagi jika plak mengendap di groves, ini dapat memicu permukaan gigi perlahan membusuk.

4. Mulut Kering
Xerostomia atau mulut kering, merupakan kondisi yang dipicu oleh penurunan produksi air liur dari kelenjar saliva. Hal ini menjadi masalah karena, air liur yang berperan melawan asam dan bakteri menempel di gigi mengalami penurunan produksi. Tugasnya dalam membantu menetralkan asam dari makanan dan minuman, juga berpotensi terganggu.

5. Kekurangan Fluoride
Mineral alami atau fluoride, bertugas membantu mencegah gigi berlubang pada anak-anak dan orang dewasa. Kandungan didalamnya berperan meningkatkan kekuatan lapisan enamel gigi, sehingga gigi menjadi lebih kuat terhadap serangan asam pemicu kerusakan gigi. Bila kandungan ini kurang, maka akan meningkatkan resiko kerusakan gigi menjadi berlubang atau membusuk.

Itulah beberapa penyebab gigi busuk yang perlu anda hindari, adapun gejala gigi busuk yang perlu diperhatikan yaitu sakit gigi, sensitif terhadap panas atau dingin, terdapat bintik coklat, putih atau hitam pada gigi, bau mulut, rasa tidak sedap dalam mulut, serta pembengkakan gusi. Pembusukan gigi dalam dialami baik anak kecil maupun orang dewasa, maka sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti yang telah disarankan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru