HOLOPIS.COM, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa kematian akibat Covid-19 di tahun 2023 telah mengalami penurunan sebanyak 95%, terhitung sejak awal tahun ini.

Meski demikian, virus Covid-19 dikatakan WHO masih ada berkeliaran di sekitar masyarakat.

“Kami sangat terdorong dengan terus berkurangnya laporan kematian akibat Covid-19, yang telah berkurang sebanyak 95% sejak awal tahun ini,” demikian disampaikan Kepala WHO, Tedros Adhanom Gheberyesus, dikutip Holopis.com, Kamis (27/4).

Meski demikian, Tedros menyampaikan bahwa beberapa negara justru mengalami kenaikan Covid-19 dan memakan korban sebanyak 14.000.

“Namun, beberapa negara justru mengalami kenaikan, dan dalam 4 minggu terakhir, 14,000 orang telah meninggal dunia karena virus ini,” lanjutnya.

Tedros pun tetap berharap bahwa WHO akan menyatakan berakhirnya Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

“Tetapi, virus ini akan tetap ada, dan semua negara perlu belajar mengelolanya bersama penyakit menular lainnya,” pungkas Tedros.

Tak hanya itu, Tedros mengingatkan bahwa sekitar 1 dari 10 infeksi bisa mengakibatkan long Covid, yang menunjukkan bahwa ratusan juta orang akan membutuhkan perawatan jangka panjang.