Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Buah Merah Papua Punya Segudang Manfaat bagi Kesehatan, Yuk Simak!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kuansu atau buah merah yang bernama latin Pandanus conoideus merupakan buah yang banyak tumbuh di Papua. Buah merah ini dipercaya oleh masyarakat Papua, sebagai buah yang mampu mengobati berbagai penyakit dan baik bagi kesehatan tubuh.

Umumnya, buah merah bagi masyarakat Papua sering dikonsumsi secara langsung, atau diolah dengan cara direbus maupun dipanggang.

Biji dan daging buah merah yang telah ditumbuk dapat dicampur dengan air, lalu disaring guna menghasilkan saus merah kental yang digunakan sebagai bumbu masak. Tak hanya itu, ekstrak minyak buah merah juga digunakan sebagai penyedap makanan dan pewarna alami.

Adapun, buah merah juga dimanfaatkan masyarakat Papua sebagai obat tradisional. Buah merah dipercaya mampu meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui berbagai manfaat dari buah merah, seperti yang dikutip Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Kamis (27/4).

1. Mengurangi Peradangan

Kandungan antioksidan dalam buah merah dapat dimanfaatkan untuk mengurangi peradangan. Karena manfaatnya ini, buah merah berpotensi dijadikan sebagai obat alternatif bagi radang usus yang berkembang menjadi kanker usus.

Meski begitu, belum ada penelitian ilmiah secara khusus yang membuktikan efek buah ini dalam meredakan peradangan.

2. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Hasil penelitian laboratorium menyatakan bahwa buah merah rupanya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti sel kanker ovarium, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Namun secara klinis, untuk membuktikan manfaat ini masih minim. Oleh karena itu, perlu pembuktian yang lebih akurat untuk memastikan manfaat buah merah dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

3. Melawan Virus dan Bakteri

Diklaim mampu mengobati penyakit HIV dan TBC, buah merah dipercaya dapat membunuh virus dan bakteri tertentu. Sayangnya, manfaat baik dari buah merah ini belum dapat dipastikan kebenarannya.

4. Menurunkan Kolesterol Jahat

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, ekstrak buah merah mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Sehingga, mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

Namun, perlu diketahui bahwa penelitian tersebut baru dilakukan pada hewan, maka masih perlu pembuktian manfaat buah merah menurunkan kolesterol jahat pada manusia.

Kandungan tinggi beta-karoten atau salah satu jenis antioksidan dalam buah merah juga diketahui memiliki banyak manfaat, salah satunya yakni mampu melindungi tubuh dari efek radikal bebas, sehingga membantu memelihara kesehatan kulit, menurunkan resiko kanker, hingga penyakit mata degenerasi makula.

Sejauh ini, manfaat buah merah bagi kesehatan sendiri masih belum didukung oleh bukti-bukti yang kuat. Itu sebabnya, berbagai penelitian tetap dilakukan guna menguak fakta tentang manfaat buah merah sebenarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru