Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

21 April, Hari Ulang Tahun Ratu Elizabeth II, Pemimpin Kerajaan Inggris Terlama

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari ini adalah momen untuk merayakan wanita-wanita kuat yang memberikan dampak terhadap sejarah dan masa depan generasi wanita di masa yang akan datang.

Selain Hari Kartini, tanggal 21 April juga merupakan ulang tahun dari mendiang Ratu Elizabeth II, pemimpin kerajaan Inggris paling lama sepanjang sejarah.

70 Tahun memimpin, Ratu Elizabeth II berhasil menjadi sosok yang kokoh dan lambang Kerajaan Inggris yang sangat lama.

Sangking lamanya, mayoritas masyarakat di dunia diperkirakan hanya mengenal sosok Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin kerajaan Inggris dan satu-satunya Ratu dengan nama dan imej yang populer.

Siapakah sosok Ratu Elizabeth II, yang meninggalkan kita pada tahun 2022 silam?

Bukan Pilihan Pertama Sebagai Pemimpin Monarki Inggris

Elizabeth merupakan anak pertama dari Pangeran Albert dan Putri Elizabeth. Ayahnya, adalah anak kedua dari Raja George V dan Ratu Mary. Sehingga ayah Elizabeth seharusnya tidak menjadi Raja, melainkan abangnya (paman Elizabeth, Edward VIII.

Namun, Edward jatuh cinta dengan Wallis Simpson seorang janda sosialita Amerika Serikat.

Demi bisa menikahi kekasih hatinya, Edward pun memilih untuk turun tahta. Otomatis, adiknya, ayah Elizabeth, dinobatkan menjadi Raja George VI.

Elizabeth
Lukisan Ratu Elizabeth saat berusia 7 tahun [Foto: Ist]

Pada tahun 1951, kesehatan Raja George VI semakin menurun. Elizabeth pun mulai secara perlahan menggantikan tugas-tugas negara ayahnya.

Kemudian pada 6 Februari 1952, Elizabeth dan suaminya, Philip, dikabarkan bahwa Raja George VI meninggal dunia, otomatis Elizabeth pun menjadi seorang Ratu.

Menjadi Pemimpin Monarki Terlama Sepanjang Sejarah

Ratu Elizabeth mendapatkan Yubilem Platinum pada 6 Februari 2022, yaitu 70 tahun sejak ia naik tahta. Sepanjang kepemimpinannya, Ratu Elizabeth telah memberikan dampak yang sangat besar.

Salah satunya mengubah sistem keturunan kerajaan Inggris yang lebih mengutamakan anak laki-laki.

Setelah kepemimpinan Ratu Elizabeth, saat ini urutan keturunan Kerajaan Inggris hanya ditentukan dari urutan kelahiran dan bukan lagi jenis kelamin.

Karena itu, anak-anak Pangeran William dan Kate Middleton, berada di urutan sesuai kelahiran, dan tidak mendahulukan anak laki-laki, yaitu Pangeran George, Putri Charlotte, kemudian Pangeran Louis.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022. Ia tutup usia di 96 tahun. Secara resmi, penyebab kematiannya dicatat karena ‘usia tua.’

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru