HOLOPIS.COM, MADIUN – Pemerintah Kota Madiun terus berupaya membangun sektor perekonomian rakyat dengan berbagai cara.

Walikota Madiun, Maidi mengungkapkan, saat ini pihaknya melakukan upaya dengan membangun pusat bisnis yang didirikan di atas sebuah lapangan tenis di Jalan Pahlawan. Lapangan yang biasa dimanfaatkan latihan anggota Pelti itu, digadang menjadi pusat bisnis dengan julukan keren yakni Pahlawan Business Center (PBC).

“Diharapkan pembangunan pusat bisnis ini dapat dijadikan sebagai window dressing. Penataannya dengan lebih terbuka dan modern sehingga pengunjung tidak merasa menumpuk,” kata Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya PUPR Kota Madiun, Sulistiyo Pambudi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (11/4).

“Saat ini sudah mulai dikerjakan. Mudah-mudahan Bulan Juli depan pembangunannya rampung,” sambung Uut.

Kawasan pusat bisnis itu diketahui sudah mulai dikerjakan Februari lalu, dan diharapkan tuntas pada Juli mendatang.

Proyek yang dikerjakan oleh CV. Buana Raya itu menghabiskan dana APBD Tahun Anggaran 2023 senilai Rp. 4,5 miliar.

Pembangunan fisik pusat bisnis itu dikonsep menggunakan bahan membran, berbentuk setengah melingkar dan terbuka. Ini dimaksudkan agar setiap pihak yang bertransaksi di tempat itu mendapatkan cukup sirkulasi udara, serta pandangan ruang cukup luas.

Di sepanjang Jalan Pahlawan, kata Utomo, sudah terdapat beberapa pembangunan fasilitas umum. Mengesankan bila untuk spot foto seperti Mushola mirip Ka’bah, patung Merlion (mirip di Singapura), kotak telepon gaya kuno, bangku-bangku bergaya Eropa dan berbagai tempat menghibur lainnya.

Pusat bisnis yang berada di Jalan Pahlawan tersebut sebagai pintu masuk calon investor yang akan berbisnis di Kota Madiun.

Terlebih, angka pertumbuhan ekonomi Kota Madiun saat ini berada di angka 5,56. Angka tersebut tergolong nyaman, dalam kondisi perekonomian nasional yang belum pulih seratus persen.

“Nah, kawasan pusat bisnis itu diharapkan mampu menopang bahkan menggenjot pertumbuhan ekonomi pada angka yang lebih menyenangkan lagi,” pungkasnya.