HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kolang kaling nampaknya jadi salah satu makanan favorit saat Ramadan, terutama ketika momen berbuka puasa.

Teksturnya yang padat, kenyal dan lembut kerap jadi makanan andalan yang biasa disatukan dengan es campur atau es buah.

Selain lezat, kolang kaling ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Diketahui, kolang kaling memiliki kandungan berupa serat, vitamin A, vitamin C, protein, karbohidrat, fosfor, antioksidan hingga zat besi.

Dirangkum Holopis.com dari berbagai sumber yang ada, pada Minggu (9/4), berikut ini 5 manfaat kolang kaling :

1. Jaga Kadar Gula Darah

Tak disangka-sangka, ternyata kolang kaling bisa menjaga kadar gula darah hingga mampu mencegah diabetes, sebab kolang kaling memiliki senyawa polisakarida galactomannan, hal itu menurut sejumlah penelitian.

Namun, penelitian itu sendiri masih tahap uji coba di lab, sehingga masih harus diteliti lebih lanjut apakah bisa mengontrol kadar gula darah atau tidak.

2. Melancarkan Pencernaan

Kolang kaling diyakini bisa melancarkan pencernaan, sebab kolang kaling memiliki kandungan serat di dalamnya.

3. Jadi Obat Radang Sendi

Siapa sangka bahwa kolang kaling bermanfaat sebagai obat radang sendi, kandungan bernama zat galaktomanan yang ada di dalam kolang kaling dinilai berkhasiat menyembuhkan atau minimal bisa meredakan penyakit pada radang sendi.

4. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Kolang kaling bisa meningkatkan daya tahan tubuh, karena ada kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya.

Kandungan yang ada di kolang kaling seperti zink, zat besi, kalium hingga kalsium akan membantu proses metabolisme di dalam sel-sel tubuh.

5. Cegah Osteoporosis

Kolang kaling diketahui memiliki 90 kalsium dan 243 fosfot per 100 gramnya, sehingga kolang kaling dinilai berkhasiat menguatkan tulang hingga membantu menghindari tulang terkena osteoporosis.