HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masalah sampah seakan tidak ada ujungnya, baru-baru ini kembali viral ribuan tumpukan sampah berjalan memenuhi saluran irigasi persawahan di Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat.

Diketahui bahwa, sampah tersebut berasal dari Komplek Pasar Sentral Wonomulyo yang dibuang warga ke saluran irigasi. Adapun, hal ini dilakukan karena diduga, tak tersedia tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang disediakan.

Dipantau Holopis.com, dalam sebuah unggahan viral akun Instagram @andreli_48 membagikan kembali dua video mengenai sampah di Wonomulyo, Rabu (5/4).

Kurangnya kesadaran warga sekitar akan kebersihan lingkungan sekitar, membuat warganet geram dan turut berkomentar dalam unggahan viral tersebut. Banyak yang menyayangkan aksi warga membuang sampah sembarangan, sehingga membuat sampah bertumpukan dimana-mana.

Warganet, berkomentar turut khawatir akan datang bencana seperti banjir akibat buang sampah sembarangan. Tak ayal, warganet juga turut berpendapat bahwa sumber daya manusia (SDM) rendah sehingga tidak berpikir dampak dari buang sampah sembarangan.

“SDM rendah,” tulis @wakhidnugroho.sasmito

“Pas banjir, teriak-teriak…pemerintah gak peduli bencana,” tulis @heritarsan

“Kalau ada banjir, nanges-nanges tanya kenapa Tuhan memberi bencana seperti ini,” tulis @hasbiamar

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Andre Li (@andreli_48)