Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

2 Tips Paling Jitu Cegah Berat Badan Naik Saat Puasa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bulan Suci Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, seluruh umat Muslim di dunia melakukan ibadah puasa dengan hikmat.

Ibadah puasa diawali dengan menjalankan sahur, kemudian ditutup dengan buka puasa saat magrib tiba. Ketika momen ini, menyantap makanan terasa begitu nikmat, dan sebagian orang terkadang lupa bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Terutama pada saat berbuka puasa tiba, rasa lapar dan haus yang dirasakan seharian, ditambah dengan aktivitas yang mengundang lelah, membuat momen berbuka puasa terkadang diiringi hawa nafsu berlebih, hingga tak memperkirakan porsi asupan makanan yang disantap.

Dengan begitu, tanpa disadari bahwa asupan yang berlebihan tersebut membuat berat badan kita naik, apalagi jika hidangan yang disajikan setiap harinya mengandung minyak berlebih.

Selain faktor asupan makanan, ada pun penyebab lain yang bisa membuat berat badan naik meski tengah menjalankan ibadah puasa, seperti kurangnya aktivitas fisik, tidur setelah makan sahur, dan bahkan faktor kurang tidur pun bisa menyebabkan berat badan naik.

Kendati demikian, ada dua cara paling jitu untuk bisa mencegah berat badan naik saat puasa, seperti dikutip Holopis.com dari Halodoc, Jumat (31/3), sebagai berikut :

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik bisa mencegah berat badan naik. Baiknya, setelah sahur atau sebelum berbuka puasa, lakukan olahraga ringan seperti berolahraga, joging atau berjalan kaki santai selama 30 menit pun sudah cukup.

Selain bermanffat untuk menjaga kestabilan berat badan, melakukan aktivitas fisik juga sekaligus menyehatkan tubuh.

2. Menjaga Pola Makan saat Sahur dan Berbuka Puasa

Cara ini nampaknya cukup sulit dilakukan untuk sebagian orang, namun harus diketahui bahwa kebiasaan memakan makanan yang berlebih bisa membuat berat badan naik walaupun seharian tanpa asupan apapun.

  • Maka dari itu, baiknya asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh harus dikontrol, sobat Holopis bisa melakukan tips berikut ini :
  • Kurangi makan makanan yang mengandung minyak berlebih, karena kalorinya dinilai tinggi.
  • Awali berbuka puasa dengan yang manis secukupnya saja untuk menggantikan energi tubuh yang hilang selama menjalankan ibadah puasa seharian.
  • Ketika sahur dan berbuka, makanan yang mengandung karbohidrat perlu diutamakan, terutama karbohidrat kompleks. Makan juga makanan yang mengandung protein, mineral, vitamin hingga serat.
  • Harus pandai memilih makanan, ada makanan yang baik seperti sayur mayur, daging tanpa lemak hingga susu rendah lemak
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih, hindari terlalu banyak kafein dan garam.
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru