HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sistem imun merupakan sekelompok sel yang berfungsi memerangi virus serta bakteri dalam tubuh. Sehingga, ketika sistem imun melemah tubuh rentan terkena penyakit atau infeksi.

Karena hal itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri imun lemah, agar dapat diatasi secepat mungkin dan tubuh kembali bugar.

Simak penjelasan berikut ini mengenai penyebab imun lemah, ciri-cirinya, serta cara meningkatkan imun tubuh. Seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Siloam Hospital, Minggu (26/3).

Penyebab Imun Lemah : 

  1. Kurang Tidur

Ketika tidur, sel-sel dalam darah dalam tubuh bekerja untuk melawan kuman penyebab infeksi. Sehingga, saat kekurangan jam tidur maka tubuh tidak akan bekerja secara optimal dalam melawan kuman penyebab infeksi.

  1. Gejala Stres

Stres dapat menyebabkan nyeri kepala, nyeri dada, muncul perasaan gelisah, serta perasaan tegang secara keseluruhan. Akibatnya, gejala-gejala tersebut membuat sistem imun tubuh bekerja lebih keras untuk mempertahankan kesehatan, sehingga imun tubuh akan ikut melemah.

  1. Jarang Berolahraga

Olahraga secara teratur dapat membantu fungsi neutrofil, atau sel darah putih yang bertugas membunuh mikroorganisme yang membahayakan tubuh. Sehingga, disarankan agar berolahraga secara teratur agar tetap menjaga kestabilan imun tubuh.

  1. Kurangnya asupan Nutrisi

Kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh, dapat berpengaruh pula pada sistem imun. Nutrisi yang terdapat dalam makanan sehat, memiliki peran penting guna mendukung sistem kekebalan tubuh.

  1. Dehidrasi

Kinerja organ dan jaringan dalam tubuh, bergantung pada cairan tubuh. Sehingga ketika tubuh kekurangan cairan, maka sel-sel di dalamnya akan kekurangan mineral dan nutrisi yang diperoleh dari air. Tak hanya itu, kurang konsumsi air mineral dapat menyebabkan kuman penyebab penyakit lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Melalui kelembaban mulut, hidung, tenggorokan yang tidak terjaga.

  1. Obat-Obatan Tertentu

Konsumsi obat yang dapat menurunkan kerja sistem imun, misalnya penderita penyakit autoimun atau pasien pasca transplantasi organ.

  1. Riwayat Penyakit

Seperti pada penderita kanker, HIV, atau diabetes.

Ciri-Ciri Imun Lemah : 

  1. Rentan Mengalami Batuk Pilek

Batuk pilek yang dialami sebanyak dua sampai tiga kali dalam setahun, merupakan kondisi yang cukup wajar. Umumnya, sistem kekebalan tubuh butuh waktu melawan infeksi selama 7 sampai 10 hari hingga tubuh kembali pulih. Namun, jika terlalu sering terserang batuk pilek dengan waktu pemulihan lebih dari 10 hari, hal tersebut bisa menjadi gejala imun lemah.