Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Penyebab Biang Keringat, Serta Cara Mengatasinya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Munculnya biang keringat pada area tubuh akan sangat mengganggu dalam beraktivitas, umumnya tubuh akan terasa gatal serta perih saat mengalami biang keringat. Maka kenalilah penyebab serta cara penanganan biang keringat dengan tepat.

Simak ulasan berikut ini, mengenai penyebab penyakit kulit biang keringat serta cara mengatasinya, seperti dikutip Holopis.com dari YouTube SB30 Health, Senin (20/3).

Penyebab Biang Keringat : 

Umumnya biang keringat disebabkan oleh, keringat yang tidak dapat keluar dengan leluasa. Terjadinya penyumbatan membuat keringat terperangkap dan tidak dapat keluar dengan leluasa, hal inilah yang akan menimbulkan gelembung-gelembung kecil berisi air keringat dengan pinggiran merah yang disebut biang keringat.

Adapun pemicu biang keringat, adalah suhu udara yang terlalu panas serta lembab. Hal ini membuat tubuh kepanasan, serta mengeluarkan keringat yang berlebihan bahkan sebagian terperangkap yang menyebabkan biang keringat. Tak hanya itu, penggunaan baju yang terlalu ketat dan tak nyaman serta tidak dapat menyerap keringat dapat menimbulkan kemerahan yang disebut biang keringat.

Biang keringat umumnya, muncul pada tubuh bayi dan anak-anak yang memiliki kulit sensitif ketika merasa panas. Namun tak menutup kemungkinan, biang keringat dapat timbul pada orang dewasa yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, hal ini terjadi karena biang keringat kerap muncul pada lipatan tubuh seorang obesitas.

Cara Mengatasi Biang Keringat : 

Jika anda sedang mengalami biang keringat, jangan panik karena penyakit ini tergolong ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 3 sampai 4 hari. Namun jika sangat mengganggu, yang perlu anda lakukan adalah tetap berada pada ruangan dengan suhu yang sejuk. Anda dapat menggunakan AC atau kipas angin, agar tubuh anda tetap nyaman dan sejuk agar terhindar dari biang keringat.

Penggunaan bedak dingin juga dapat membantu mengatasi biang keringat yang anda alami, anda dapat menggunakannya guna meredakan rasa gatal dan perih serta panas yang ditimbulkan oleh biang keringat. Tak hanya bedak dingin, anda juga dapat mengompres sejuk atau dingin pada bagian tubuh anda yang mengalami biang keringat. Hal ini tentunya akan mengurangi panas dan gatal yang ditimbulkan biang keringat. 

Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat serta tak nyaman, yang telah disampaikan sebelumnya karena hal ini dapat memicu biang keringat anda. Gunakanlah baju dengan bahan yang sejuk serta nyaman di tubuh anda guna menghindari biang keringat, lingkungan atau ruangan yang sejuk dan sehat juga sangat berpengaruh munculnya biang keringat.

Ketika muncul biang keringat hindarilah menggaruk, hal ini akan membuat kulit lecet dan luka pemicu infeksi sekunder  yang dapat dimasuki bakteri. Jika biang keringat tak kunjung sembuh dalam 4 hari, periksakanlah diri anda ke dokter agar mendapat penanganan tepat serta obat pereda rasa gatal yang ditimbulkan oleh biang keringat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru