Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kenali Penyakit Autoimun Rheumatoid Arthritis yang Diderita Enzy Storia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presenter Enzy Storia baru saja mengatakan bahwa ia terkena penyakit autoimun Rheumatoid Arthritis, penyakit autoimin yang merupakan keturunan genetik dari ayahnya.

Ia mengaku penyakit ini sempat membuatnya hancur karena memang belum ada obatnya hingga saat ini.

Mari mengenal apa itu penyakit automimun rheumatoid arthritis dan bagian tubuh mana yang diserang.

Menyerang Bagian Sendi

Rheumatoid arthritis adalah penyakit radang jangka panjang yang mengenai bagian sendi. Ini karena sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang bagian tubuh.

Tak hanya bagian sendi, rheumatoid arthritis juga bisa menyerang bagian tubuh lain seperti misalnya pembuluh darah, paru-paru, mata hingga jantung.

Saat ini, belum ada dugaan pasti apa penyebab penyakit autominum ini, namun ilmu kedokteran menduga bahwa rheumatoid arthritis memiliki kaitan dengan genetika.

Pengobatan Rheumatoid Arthritis

Jika kondisi ini dibiarkan dan tidak ditangani secara lanjut, rheumatoid arthritis bisa menyebabkan komplikasi seperti penyakit paru-paru dan jantung. Maka dari itu kondisi ini bisa dicegah dan dilakukan berbagai perawatan dan metode.

Beberapa metode yang bisa dilakukan termasuk mengonsumsi obat Pereda sakit, obat steroid, yang sama-sama berfungsi untuk meredakan nyeri.

Kemudian terapi biologis untuk menyuntikan protein, obat anti rematik, terapi fisik, hingga operasi.

Berbagai pola hidup sehat juga bisa ditekuni demi mencegah penyakit ini. Serta terus periksakan kesehatan ke dokter secara rutin.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru