Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Filosofi Paes Ageng, Riasan Erina Gudono Saat Prosesi Akad Nikah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tampil cantik dan anggun dalam prosesi akad nikahnya, Erina Gudono tampil dengan riasan Paes Ageng.

Riasan tersebut adalah khas dari Yogyakarta, yang memiliki makna untuk memberikan kemakmuran dan kebahagiaan terhadap umat manusia.

Jika dilihat dari tahapan-tahapan riasan, Paes Ageng dimulai dengan membentuk cengkorongan yang terdiri dari penunggu, pengapit, penitis, dan godheg di wajah mempelai wanita.

Penunggul

Penunggul adalah bentuk paes di tengah dahi yang bentuknya menyerupai gunung. Gunung di sini merupakan lambang kemakmuran dan kebahagiaan.

Pengapit

Pengapit merupakan paes yang ada di sebelah kanan kiri yang mengapit penunggul. Makna dari pengapit ini adalah memiki makna agar sebagai pengingat sesama pasangan untuk tetap kuat dan teguh iman.

Godheg

Godheg bergfungsi untuk mengindahkan cambang yang melengkung ke belakang. Godheg bermakna agar manusia tidak lupa denga nasal usulnya.

Wanda Luruh

Bentuk paes ini melengkung ke arah bawah, yang berarti sebagai perempuan, mempelai memiliki sifat lembut dan menunduk serta berbudi luhur.

Ketep

Ketep atau prada di pinggar paesan memiliki makna keagungan, karena warna emasnya.

Cithak

Cithak adalah hiasan yang memiliki bentuk belah ketupat di tengah dahi. Cithak memiliki simbol perempuan harus fokus, berpandangan lurus serta setia.

Manjangan Ranggah

Manjangan Ranggah ini merupakan bentuk alis yang bercabang dua seperti tanduk rusa.
Hal ini karena rusa adalah hewan yang cerdik, cerdas, serata anggun agar mempelai wanita bisa memiliki karakter seperti rusa.

Sumping

Hiasan sumping ini dipasang di atas telinga kanan dan kiri terbuat dari daun pepaya yang pahit.

Ini memiliki makna bahwa istri harus siap dalam menerima kepahitan saat menjalani bahtera rumah tangga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru