HOLOPIS.C, JAKARTA – Tim Nasional Jepang, terus memberikan kejutan di Piala Dunia Qatar 2022. Selain berhasil mencetak sejarah dengan mengalahkan Jerman 1-2 pada laga pembukaan grup E, tim Samurai Biru juga berikan kesan manis saat meninggalkan ruangan ganti pasca pertandingan, Rabu (23/11) lalu.

Dalam foto yang beredar luas di jagat twitter, menunjukkan ruang ganti Timnas Jepang seusai kalahkan Jerman dalam kondisi sudah bersih.

Selain itu, nampak pakaian ganti tersusun rapi, bahkan mereka juga mengucapkan terima kasih dengan menggunakan bahasa Arab dan Jepang serta memberikan hadiah origami kepada petugas kebersihan Piala Dunia Qatar yang akan membersihkan ruangan tersebut.

Kondisi Ruang Ganti Timnas Jepang
Ruangan Ganti Timnas Jepang, Terlihat Bersih dan Rapi pasca Laga Pembukaan Grup E Piala Dunia 2022. [Gambar: Istimewa]
Tulisan Ucapan Terima Kasih dan Hadiah Origami dari Timnas Jepang
Tulisan Ucapan Terima Kasih dan Hadiah Origami dari Timnas Jepang. [Foto: Istimewa]
Sikap dan tindakan yang ditunjukkan Timnas Jepang, senada dengan suporter yang hadir di Stadion Internasional Khalifa. Melalui video yang dibagikan oleh akun twitter resmi FIFA World Cup, memperlihatkan seluruh suporter Negeri Matahari Terbit itu, membersihkan sampah mereka sebelum meninggalkan stadion.

Sekedar diketahui Sobat Holopis, masyarakat Jepang memiliki peribahasa yang menjadi pegangan dan pedoman hidup mereka yakni “Tatsu Tori Ato Wo Nigosazu” artinya burung yang terbang tidak mengeruhkan jejaknya. Mereka meyakini jika meninggalkan suatu tempat, jangan mewariskan kekacauan.