HOLOPIS.COM, JAKARTA – Proses pelantikan Menpan RB pengganti almarhum Tjahjo Kumolo dikabarkan akan dilakukan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, dalam rencana pelantikan di bulan Agustus tersebut, Jokowi memang dijadwalkan akan kembali ke IKN untuk menghadiri agenda lainnya.

“Ada dua insya Allah. Insya Allah ground breaking Istana Negara dengan pelantikan menteri nanti, tapi tidak tahu, itu kami serahkan ke Presiden (Joko Widodo),” kata Heru, Rabu (17/8).

Heru beralasan, proses pelantikan tersebut baru bisa dilakukan karena kesibukan Jokowi sampai dengan saat ini.

“Karena kesibukan beliau sebagai seorang Presiden, kemarin juga baru pergi ke Beijing ,Tokyo, Seoul, mempersiapkan materi. Sebelumnya ke Eropa, baru kembali kemarin, sudah mempersiapkan 17 Agustus, pidato kenegaraan. Mudah-mudahan beliau sempatlah untuk bisa memilih menteri yang memang akan dipilih Pak Presiden,” tukasnya.

Untuk nama yang akan dilantik, Heru pun tidak mau menjelaskan lebih lanjut karena masih menjadi informasi rahasia.

“Ini ranah Pak Mensesneg dan Pak Seskab, doain ada waktu untuk beliau bisa,” imbuhnya.

Posisi Menpan RB ad interim pun saat ini diketahui masih diisi sementara oleh Menkopolhukam Mahfud MD. Semenjak meninggalnya Tjahjo Kumolo pada 1 July 2022 lalu, Jokowi juga sempat menunjuk Tito Karnavian sebagai ad interim Menpan RB.