HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan juru bicara DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Dedek “Uki” Prayudi memberikan respon terhadap Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Anwar Abbas yang menyebut, bahwa Indonesia tidak membutuhkan seorang pemimpin yang memiliki mentalitas sebagai politisi.

Menurut Uki, justru yang sangat tidak dibutuhkan oleh Indonesia dan umat beragama adalah ulama yang memiliki mentalitas sebagai politikus.

“Yang kita tidak butuh itu pemuka agama bermental politikus, yai,” kata Uki, Kamis (28/7).

Sebelumnya, Kiai Anwar Abbas berharap agar pemimpin Indonesia ke depan adalah mereka yang memiliki mental negarawan, bukan mental politisi.

“Tipe pemimpin yang kita butuhkan bukanlah tipe pemimpin yang bermental politisi tapi yang sudah bermental negarawan,” kata Anwar Abbas kepada wartawan hari ini.

Mengapa mental negarawan harus mendominasi di diri pemimpin ke depan khususnya hasil Pilpres 2024, karena menurutnya, pemimpin harus mementingkan kebutuhan rakyat, bukan kebutuhan pribadi apalagi kebutuhan partai semata.

“Yang dipikirkannya tidak lagi kepentingan diri dan partai serta kelompoknya saja tapi adalah nasib seluruh rakyat dan warga bangsanya,” ujarnya.